Ahad 13 Aug 2023 22:39 WIB

Bank Nobu Gandeng MD Co Salurkan KUR kepada 10 Ribu UMKM

Program pemberdayaan UMKM oleh Bank Nobu ditujukan bagi femalepreneur

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Bank Nationalnobu Tbk memperkuat dukungannya terhadap pengembangan sektor UMKM di Indonesia. Terbaru, bank milik Lippo Group ini menggandeng MD Co menggelar program pemberdayaan 10 ribu UMKM Ekonom
Foto: nobu
PT Bank Nationalnobu Tbk memperkuat dukungannya terhadap pengembangan sektor UMKM di Indonesia. Terbaru, bank milik Lippo Group ini menggandeng MD Co menggelar program pemberdayaan 10 ribu UMKM Ekonom

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Nationalnobu Tbk memperkuat dukungannya terhadap pengembangan sektor UMKM di Indonesia. Terbaru, bank milik Lippo Group ini menggandeng MD Co menggelar program pemberdayaan 10 ribu UMKM Ekonomi Kreatif di Indonesia. 

Direktur Utama Nobu Bank Suhaimin Johan mengatakan program pemberdayaan UMKM ditujukan bagi femalepreneur atau pengusaha wanita. Diharapkan kerja sama ini bisa memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

Bank Nobu sebagai bank yang berfokus pada pengembangan UMKM, memiliki visi yang selaras dengan MD Co dalam mengidentifikasi, mengembangkan, membina dan membuka akses keuangan bagi UMKM Ekonomi Kreatif, khususnya para femalepreneur.

"Nobu Bank melihat bahwa MD Co melalui Inspira Fest-nya telah menjadi muara bertemunya para pelaku UMKM Ekonomi Kreatif terutama female preneur dari berbagai jenis usaha, dan berbagai daerah di Indonesia yang tentunya membutuhkan mitra dalam pengembangan usaha, khususnya dalam hal akses permodalan," ujarnya dalam keterangan tulis, Ahad (13/8/2023).

Menurutnya Bank Nobu siap memberikan dukungan penuh, tidak hanya melalui penyediaan permodalan, juga pembinaan dan pemberdayaan melalui penyediaan berbagai layanan transaksi perbankan digital seperti layanan mobile banking NobuNeo, layanan Merchant QRIS, dan kerja sama keagenan melalui NobuBank88 (branchless banking). 

Keempat layanan tersebut menjadi business in the box yang ditawarkan Nobu Bank kepada para pelaku UMKM pada ajang InspiraFest 2023 yang diharapkan dapat menjadi one stop solution bagi tumbuh kembangnya UMKM, khususnya usaha mikro di Indonesia.

Adapun kerjasama Bank Nobu dengan MD Co mencakup tiga aspek. Pertama, pembinaan dan pemberdayaan UMKM Ekonomi Kreatif khususnya female preneur dengan memberikan peluang bisnis baru dan membuka akses kemitraan sektor-sektor tertentu seperti bengkel, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), Food & Beverages (F&B), layanan laku pandai, dan lain-lain.

Kedua, kerja sama dukungan akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan layanan perbankan dari Nobu Bank khusus pengembangan usaha. Ketiga, coaching dan community, yaitu program pelatihan bisnis bagi pelaku usaha UMKM secara terpadu dan kemudahan dalam melakukan kegiatan bisnis antar pelaku UMKM  dalam lingkup komunitas yang dibentuk dan dibina oleh MD Co. 

MD Co adalah sebuah Venture Builder yang fokus pada pemberdayaan UMKM yang didirikan oleh Merry Riana dan David Tjokrorahardjo. Selama 10 tahun terakhir, MD konsisten menyelenggarakan Inspira Fest, sebuah acara mega seminar tahunan yang diselenggarakan khusus untuk mempertemukan para entrepreneur muda dan pelaku UMKM di Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement