Rabu 09 Aug 2023 19:33 WIB

Wacana Gerbang Tol Nirsentuh, Ini Update Progresnya dari PUPR

Kementerian PUPR menyebut, progres teknologi MLFF berjalan baik.

Ilustrasi gerbang tol di Jalan Tol Bali Mandara, Bali.
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Ilustrasi gerbang tol di Jalan Tol Bali Mandara, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, progres teknologi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau multi lane free flow (MLFF) berjalan baik.

"Progresnya baik, Roatex Hongaria sudah siap untuk menyampaikan rencana kerjanya kepada Kementerian PUPR. Artinya, konsolidasi hampir selesai dan mereka juga sudah berkirim surat kepada kita untuk segera memulai persiapan menuju penerapan. Kita nanti akan lihat rencana kerja mereka, karena rencana kerjanya sendiri kami belum terima," ujar Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga

Endra mengatakan, Kementerian PUPR telah meminta bahwa persoalan internal Roatex diselesaikan dan itu sudah dilakukan. Artinya, sudah ada mitra lokal dan mereka juga diminta untuk menyiapkan rencana kerja. 

"Mudah-mudahan ini bisa lebih baik dari tim yang sebelumnya dan kita juga ingin agar kerja sama tersebut terus berjalan. Kita tunggu rencana kerjanya seperti apa," katanya.

MLFF merupakan teknologi baru yang mengintegrasikan semua aspek, sehingga Kementerian PUPR melihat tol sebagai suatu sistem jaringan dan bukan ruas per ruas.

Kementerian PUPR juga akan mendiskusikan terkait MLFF bersama dengan para pemangku kepentingan terkait seperti Korlantas Polri, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dan bank-bank Himbara. Endra juga mengatakan, Tol Bali Mandara tetap menjadi prioritas utama sebagai lokasi uji coba penerapan teknologi MLFF.

"Tol Bali Mandara tetap kita tempatkan sebagai prioritas utama untuk uji coba MLFF karena tol tersebut relatif pendek, bisa dikontrol, dan arus lalu lintasnya tidak begitu padat. Saya kira itu tempat yang bagus untuk uji coba," katanya.

Sistem MLFF menjadi salah satu inovasi baru melalui sistem pembayaran nirsentuh dengan menciptakan suatu efisiensi, efektivitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran jalan tol di Indonesia.

Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terus melakukan suatu inovasi dalam peningkatan pelayanan yang maksimal bagi pengendara di Jalan Tol melalui Transformasi, Inovasi, dan Modernisasi (TIM) yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0. Dengan diberlakukan MLFF, ruas tol akan sepenuhnya menjadi jalan bebas hambatan atau tidak ada lagi pembatas di gerbang tol.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement