Senin 07 Aug 2023 00:56 WIB

Mobil China Menyumbang Sepertiga Penjualan Mobil Dunia

Penjualan mobil global di semester pertama 2023 sebanyak 42,43 unit.

BYD Qin Plus menjadi mobil terlaris di China bulan April 2023.
Foto: CarNewsChina.com
BYD Qin Plus menjadi mobil terlaris di China bulan April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING—China Passenger Car Association (CPCA) memaparkan penjualan mobil dunia pada Juni 2023 mencapai 7,87 juta unit. Angka itu meningkat 11 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dari Januari hingga Juni 2023, penjualan mobil global mencapai 42,43 juta unit, menunjukkan peningkatan 11 persen dari tahun ke tahun. 

“Pada paruh pertama tahun 2023, mobil China menguasai 31 persen pangsa pasar mobil global,” kata Sekretaris Jenderal  China Passenger Car Association, Cui Dongshu.

Baca Juga

Pasokan chip yang meningkat berdampak positif pada industri otomotif dunia, yang mengarah pada peningkatan penjualan untuk perusahaan otomotif internasional. 

Cui Dongshu mengatakan melihat perspektif global, mobil China mengalami pemulihan bertahap pada bulan Juni, terhitung 33 persen dari pasar mobil dunia. Efek pemulihan yang menonjol diamati pada perusahaan mobil China seperti BYD dan SAIC, sementara grup Asia yang diwakili oleh Toyota dan Suzuki-Kia juga meningkatkan kinerjanya.

Tidak seperti negara lain yang terkena dampak kekurangan chip internasional, mobil China bernasib baik dan bahkan melihat kinerja yang kuat dalam ekspor mobil. China memanfaatkan kesenjangan yang signifikan antara pasokan dan permintaan internasional, menghadirkan peluang pembangunan yang langka.

“Karena industri chip otomotif sangat dimonopoli, pengetatan sisi pasokan ini membuka peluang bagi rantai pasokan China untuk meningkat,” katanya.

Sementara penjualan mobil global pada Juni 2023 meningkat 11 persen year-on-year. Tapi perlu dicatat bahwa angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan Juni 2018 sebesar 4 persen. 

Namun, masih berada pada level menengah ke atas dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Volume penjualan mobil di negara-negara besar di seluruh dunia mengalami penurunan terus menerus dari tahun 2018 hingga 2020. 

Tetapi, pada tahun 2021, terjadi peningkatan sebesar 4 persen  year-on-year, menunjukkan kinerja pemulihan yang baik setelah pandemi. Namun, pada tahun 2022, volume penjualan sedikit menurun sebesar 1 persen, yang hanya menunjukkan sedikit peningkatan dibandingkan volume penjualan tahun 2020.

Untuk paruh pertama tahun 2023, penjualan mobil global mencapai 42,43 juta unit, menunjukkan peningkatan 11 persen dari tahun ke tahun. Meski menunjukkan tren positif, masih terdapat selisih cukup besar sebesar 11 persen dari tingkat penjualan tahun-tahun sebelumnya. 

Akan tetapi, situasinya telah menunjukkan perbaikan dari Januari hingga Juni 2023 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019-2022, dengan Juni berjalan lebih baik, terutama karena faktor-faktor seperti pemulihan produksi.

Di antara mereka, pasar Cina menempati sebagian besar pasar global. Dari 2016 hingga 2018, pasar mobil di China menyumbang sekitar 30 persen dari total dunia. Pada 2019, ini turun menjadi 29 persen, tetapi masih mempertahankan keunggulan absolut. 

Pada 2020-2021, pangsa nasional China naik menjadi 32 persen; pada tahun 2022, meningkat lebih lanjut menjadi 33 persen. Pada tahun 2023, pangsa China turun sedikit menjadi 31 persen, yang dapat dikaitkan dengan faktor-faktor seperti dampak Festival Musim Semi di pasar China dan penarikan kebijakan pajak pembelian mobil preferensial. Sementara pangsa pasar di Amerika Utara dan Eropa telah pulih sepenuhnya, tren pasar di belahan bumi selatan tetap lemah.

Menurut CPCA, 10 pembuat mobil teratas dalam penjualan mobil global pada paruh pertama tahun 2023 adalah Toyota, Volkswagen, Hyundai-Kia, Stellantis, Renault-Nissan, GM, Ford, Honda, Suzuki, dan Mercedes-Benz. Namun, data kuantitas spesifik tidak disediakan, hanya pangsa pasar. Pembuat mobil terbesar China, BYD, menempati peringkat ke-11 di dunia.

Sedangkan pasar di China, statistik dan perhitungan CPCA menunjukkan bahwa 10 pembuat mobil teratas dalam hal penjualan mobil pada paruh pertama tahun 2023 adalah Volkswagen, BYD, GM, Changan, Geely, Toyota, Chery, SAIC, Honda, dan Great Wall.

 

sumber : carNewsChina.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement