Jumat 04 Aug 2023 23:00 WIB

Semen Indonesia Gandeng BRIN Kembangkan Riset Industri Semen

Semen Indonesia secara konsisten telah melakukan berbagai upaya dekarbonisasi

Rep: Novita Intan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyumbang Rp 522,34 miliar ke kas negara sepanjang 2021. Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 2,02 triliun pada 2021.
Foto: istimewa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyumbang Rp 522,34 miliar ke kas negara sepanjang 2021. Perseroan membukukan laba bersih sebesar Rp 2,02 triliun pada 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan kerja sama riset dan inovasi yang bersifat aplikatif bidang industri semen dan turunannya. Adapun kerja sama ini menciptakan solusi produk dan layanan jasa yang berkelanjutan ini.

Direktur Utama Semen Indonesia Donny Arsal mengatakan, sebagai perusahaan BUMN, Semen Indonesia berkomitmen untuk menjalankan amanat pemerintah untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Adapun komitmen ini dilaksanakan melalui upaya dekarbonisasi dalam praktik bisnis perseroan yang tercakup dalam sustainability roadmap.

"Semen Indonesia secara konsisten telah melakukan berbagai upaya dekarbonisasi, diantaranya melalui optimasi proses produksi untuk menghasilkan produk semen dengan kualitas terbaik, pemanfaatan bahan bakar alternatif sampah perkotaan yang dikelola menjadi refuse-derived fuel, hydrogen injection dan efisiensi energi termal," ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (4/8/2023).

Selain itu, Semen Indonesia mendukung pengembangan energi terbarukan melalui penggunaan panel surya substitusi energi listrik pada unit-unit operasionalnya, serta optimasi gas panas buang dari proses produksi semen.

"Untuk mengakselerasi capaian dekarbonisasi, Semen Indonesia tentunya membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak yang relevan, termasuk BRIN. Semen Indonesia ingin terus berkontribusi melalui solusi dan inovasi berkelanjutan untuk memberi nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan,” ucapnya.

Menurut Donny Arsal, Semen Indonesia telah membuktikan kinerja keberlanjutan berbasis environmental, social, and governance pada 2022, dengan diraihnya penghargaan PROPER Emas oleh pabrik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Cilacap.

Sementara itu, Pabrik Semen Indonesia lainnya mendapatkan penghargaan PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Selain itu, seluruh Pabrik Semen Indonesia juga mendapat penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian. 

Terbaru, PT Semen Tonasa terpilih sebagai satu dari dua perusahaan di dunia yang memenangkan Award of Excellence in Energy Management dari Clean Energy Ministerial pada ajang the 2023 CEM’s Energy Management.

Kerja sama antara Semen Indonesia dan BRIN meliputi kegiatan riset untuk menciptakan inovasi produk semen dan turunannya yang bersifat aplikatif, pemanfaatan bersama fasilitas sarana dan prasarana sesuai dengan kegiatan riset, advokasi kebijakan untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan, dan memberikan solusi produk dan jasa yang mendukung pemulihan ekonomi nasional dan respon terhadap aspek perubahan iklim, serta peningkatan kompetensi sumber daya manusia.

Sementara itu Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menambahkan pengembangan produk berbasis riset penting dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk. BRIN siap memberikan dukungan dalam bentuk fasilitas infrastruktur yang dibutuhkan hingga penyediaan sumber daya manusia. 

“Selain itu, BRIN juga dapat memfasilitasi produk yang telah diproduksi dan dikembangkan masuk ke katalog inovasi,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement