Rabu 02 Aug 2023 19:25 WIB

Pelni Sebut Usulan PMN Rp 4 Triliun untuk Membuat Tiga Kapal Baru

Pada tahun ini, terdapat 12 kapal Pelni yang berusia lebih dari 30 tahun.

Kapal Motor Kelud bersandar menurunkan penumpang di Pelabuhan Belawan, Medan, Jumat (23/12/2022). Pelni mengatakan PNM akan digunakan untuk membuat kapal baru.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Kapal Motor Kelud bersandar menurunkan penumpang di Pelabuhan Belawan, Medan, Jumat (23/12/2022). Pelni mengatakan PNM akan digunakan untuk membuat kapal baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Persero Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) menyebutkan usulan penyertaan modal negara (PMN) 2024 sebesar Rp 4 triliun ditujukan untuk membuat tiga unit kapal baru. Ini untuk merevitalisasi kapal-kapal yang usianya sudah lebih dari 30 tahun.

"Kami tahun lalu mengusulkan kepada pemegang saham untuk melakukan peremajaan armada kami dan Alhamdulillah oleh Kementerian BUMN sebagai pemegang saham 100 persen menyetujui dan ini sedang berproses," ucap Direktur Utama Pelni Tri Andayani usai konferensi pers Paparan Kinerja Semester-I Tahun 2023 PT Pelni di Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga

Tri Andayani menyebutkan Direktur Keuangan Pelni juga sudah menyelesaikan audiensinya dengan BPKP dan sudah mendapat rekomendasi dari BPKP dan saat ini sedang berproses di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Ia mengungkapkan saat ini banyak kapal milik Pelni yang usia teknisnya di atas 30 tahun. Bahkan, kata dia, pada 2023 ini ada 12 kapal yang usianya di atas 30 tahun.

"Per tahun 2023 ini terus terang ada 12 unit kapal yang usia teknisnya di atas 30 tahun dan bahkan nanti kalau sudah bergerak ke 2024 akan bertambah dua lagi menjadi 14 unit kapal yang berusia di atas 30 tahun," ucap Anda sapaan akrabnya.

Masing-masing negara, jelas dia, mengatur usia teknis kapalnya, ada negara yang mengatur bahwa minimal 25 tahun ada juga yang 30 tahun. "Itu saja kita mengacu yang 30 tahun, kalau kita mengacu yang 25 tahun lebih banyak lagi," katanya.

Pembuatan satu kapal baru, kata dia, diperkirakan menelan biaya Rp 1,5 triliun. Dengan demikian total pembuatan tiga kapal tersebut sebesar Rp 4,5 triliun. Adapun, sisanya yang Rp 500 miliar berasal dari modal Pelni sendiri.

"Kami membangun, dan membangun kapal baru itu perlu waktu 2-3 tahun. Dari PMN yang diusulkan Rp 4 triliun, satu kapal itu kurang lebih estimasinya satu unit kapal itu di angka Rp 1,5 triliun. Kami pakai Rp 500 miliar dari modal Pelni sendiri," kata dia.

Ia menjelaskan spesifikasi tiga kapal yang akan dibuat tersebut bertipe 2 in 1 yang bisa mengangkut penumpang dan kontainer. "Yang akan kami adakan adalah tiga unit kapal ukuran 1.000 pax dengan 2 in 1. Artinya, kapal tersebut juga bisa mengangkut kontainer dan masing-masing kapal sebanyak 75 kontainer atau 75 teus kita sebut. Beberapa kapal Pelni (sebanyak) 26 ini ada yang 2 in 1, 3 in 1, namun juga ada yang penumpang saja," ujar Anda.

"Sehingga kami juga replacement nanti dengan kapal-kapal baru yang dibiayai dari PMN oleh pemerintah ini juga akan ada ruang muat kargo yang kami berharap itu bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi  khususnya di wilayah Indonesia tengah dan timur," lanjut dia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement