Selasa 01 Aug 2023 15:17 WIB

Pelindo Peti Kemas Perluas Area Operasi Perusahaan

Pelindo operasikan TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo di Kalimantan Tengah.

Badan usaha pelabuhan PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) memperluas area kerja perseroan.
Foto: Dok. Pelindo
Badan usaha pelabuhan PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) memperluas area kerja perseroan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Badan usaha pelabuhan PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) memperluas area kerja perseroan. Ini ditandai dengan pengoperasian TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo di Kalimantan Tengah yang dimulai pada 1 Agustus 2023.

"Kedua terminal tersebut menambah daftar terminal yang dikelola perseroan menjadi 29 terminal peti kemas," ujar Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Peti Kemas Widyaswendra di Surabaya, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga

Widyaswendra mengatakan, pengoperasian TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo oleh SPTP merupakan kelanjutan dari aksi korporasi setelah penggabungan Pelindo.

Ia menyebut secara bertahap kegiatan pelayanan terminal peti kemas akan diserahoperasikan dari holding (Pelindo) kepada SPTP.

"Secara bertahap sejak 2022 kami menerima serah operasi terminal di 14 kantor cabang dan inbreng tujuh anak perusahaan. Dengan serah operasi TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo yang menjadi satu cabang, total terdapat 15 kantor cabang dengan keseluruhan terminal menjadi 29 terminal peti kemas," kata Widyaswendra.

Pengoperasian TPK Bagendang dan TPK Bumi Harjo oleh PT Pelindo Terminal Petikemas disebut sebagai salah satu langkah dalam upaya meningkatkan pelayanan terminal peti kemas.

Nantinya, SPTP akan melakukan sejumlah transformasi di terminal meliputi standardisasi dan digitalisasi bisnis proses, peningkatan kompetensi bagi pekerja, serta peningkatan kehandalan peralatan penunjang kegiatan terminal peti kemas.

Seluruh terminal peti kemas akan memiliki standar pelayanan yang sama sesuai dengan kelas masing-masing yang akan memudahkan kontrol dan monitoring bagi SPTP selaku operator maupun perusahaan pelayaran sebagai pengguna jasa.

"Standar operasi dan pelayanan di area terminal peti kemas menjadi prioritas perusahaan untuk memberikan pelayanan yang optimal dan efisien bagi pengguna jasa terminal peti kemas," ujarnya.

Dari sisi arus peti kemas, PT Pelindo Terminal Petikemas mencatat arus peti kemas di TPK Bagendang sepanjang tahun 2022 sebanyak 62.339 TEUs. Sementara untuk TPK Bumi Harjo tercatat sebanyak 42.775 TEUs.

Perseroan optimistis dengan transformasi yang dilakukan akan....

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement