Jumat 28 Jul 2023 19:56 WIB

Sepi Peminat, Luhut Akui Program Konversi Motor Listrik Butuh Perbaikan

Luhut berharap, kuota subsidi konversi motor listrik bisa terserap habis.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Teknisi merakit konversi motor listrik pada Vespa klasik di Elders Electrico Yogyakarta, Jumat (31/3/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Teknisi merakit konversi motor listrik pada Vespa klasik di Elders Electrico Yogyakarta, Jumat (31/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengakui program subsidi konversi motor listrik yang telah berjalan masih butuh perbaikan agar dapat optimal dimanfaatkan masyarakat. Luhut pun berharap kuota subsidi Rp 7 juta yang disiapkan untuk 50 ribu unit hingga akhir tahun dapat terserap habis. 

“Kita sadar masih ada ruang untuk perbaikan yang perlu dilaksanakan agar program konversi dapat memenuhi target 50 ribu unit pada akhir tahun 2023,” kata Luhut di Jakarta, Jumat (28/7/2023). 

Baca Juga

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, hingga saat ini baru sekitar 4.578 unit motor yang diajukan untuk mengikuti program subsidi konversi atau kurang dari 10 persen dari kuota. 

Luhut menegaskan, diperlukan kerja sama erat yang solid dari berbagai pihak agar program konversi berkontribusi dalam upaya transisi energi dari sektor transportasi. 

Di hari yang sama, Kementerian ESDM bersama Kementerian Perhubungan dan Kepolisian RI  menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) sebagai upaya percepatan implementasi konversi motor listrik. Di antaranya, berupa percepatan mekanisme cek fisik dan administrasi dokumen kendaraan, hingga penerbitan STNK maupun plat nomor.

“Hal ini penting agar kendaraan dapat digunakan kembali di jalan raya, dibentuk juga integrasi informasi lintas kementerian lembaga dan badan usaha sehingga bisa mendukung percepatan konversi,” kata dia. 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, menambahkan, pada Senin (31/7/2023) pekan depan, pemerintah akan merapatkan kembali untuk percepatan program subsidi motor listrik baik untuk konversi maupun pembelian motor baru. 

Sementara ini, Arifin mengatakan, pihaknya akan fokus melakukan promosi termasuk meminta bantuan kepolisian maupun Kementerian Perhubungan untuk ikut mengampanyekan konversi motor listrik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement