Jumat 28 Jul 2023 19:19 WIB

Daftar Rekomendasi Motor Anak Muda Varian Matic

Varian matic diminati anak muda karena memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Honda Vario 125 merupakan salah satu motor matic yang banyak diminati anak muda. (ilustrasi).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Honda Vario 125 merupakan salah satu motor matic yang banyak diminati anak muda. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, semakin banyak brand motor anak muda bermunculan. Dari sekian banyaknya varian motor, salah satu yang begitu diminati anak muda adalah matic.

Bukan tanpa alasan mengapa varian matic memiliki banyak peminat. Bahkan penggemarnya bukan hanya anak muda saja, tapi juga orang dewasa. Semakin banyaknya varian muncul, tidak heran bila membuat mayoritas orang bingung memilih.

Sebab, tidak semua spesifikasi sesuai dengan kebutuhan. Berikut akan dibahas beberapa rekomendasi motor untuk anak muda varian matic yang dapat kalian jadikan referensi. Tapi sebelum itu akan ada penjelasan terkait alasan mengapa motor varian ini lebih banyak peminat.

 

Alasan mengapa motor matic memiliki lebih banyak peminat 

Ada berbagai alasan mengapa motor anak muda varian matic memiliki lebih banyak peminat dari pada jenis lainnya. Salah satu alasannya memberikan kenyamanan dalam berkendara. Selain itu, dari segi penggunaannya mudah.

Ketika mengendarai motor varian ini, kalian akan merasakan pengalaman berkendara yang tidak melelahkan serta menyenangkan. Sebab, bagian joknya empuk dengan posisi lebih rendah bila dibandingkan motor bebek pada umumnya.

Alasan lainnya, dari segi fitur terbilang cukup menarik. Dengan harga yang terjangkau, pengguna bisa memperoleh bagasi penyimpanan barang yang jauh lebih besar. Hal ini berbeda dengan varian bebek yang hanya memiliki bagasi penyimpanan barang berukuran kecil.

Bagasi besar bisa pengguna manfaatkan untuk menyimpan lebih banyak barang. Bukan hanya barang yang ukurannya kecil saja, tapi juga sedang hingga besar, seperti helm. Dari segi handling atau kemampuan dikendalikan, varian matic jauh lebih mudah.

Apalagi bila pemakaiannya untuk menyalip kendaraan lainnya. Motor anak muda varian matic terkenal lincah serta gesit dari pada motor sport atau bebek. Fitur inilah yang membuat banyak anak muda tertarik memilih matic sebagai daily driver.

Fitur lain yang menarik perhatian yaitu kemudahan para pengendaranya untuk tidak perlu melakukan perpindahan gigi. Jadi, saat mengendarainya kalian bisa langsung tanpa harus repot mengurangi atau menambah kecepatan laju dengan mengubah gigi.

Aktivitas yang perlu pengendara lakukan untuk mengoperasikannya hanyalah mengontrol gas dan rem. Jadi, tidak perlu memikirkan kapan waktu yang tepat untuk mengurangi atau menambah gigi seperti pada motor bebek.

 

Sembilan daftar rekomendasi motor anak muda varian matic

Penggunaan matic lebih cocok untuk anak muda yang masih sekolah dengan rute jalanan halus. Sebenarnya ada matic yang cocok untuk rute area pegunungan, tapi biasanya memiliki tarif lebih mahal dari pada tipe biasa. Berikut sembilan daftar rekomendasi yang bisa kalian jadikan referensi:

1. Honda Scoopy

Rekomendasi motor anak muda matic pertama adalah Honda Scoopy. Mayoritas penggemar Scoopy adalah para wanita. Hal ini karena tampilannya sporty serta bergaya stylish.

Bagi penggemar kendaraan dengan konsep ala retro, Scoopy bisa menjadi salah satu opsi yang recomended. Tidak sedikit desain Scoopy yang merupakan hasil modifikasi dari Vespa sehingga memiliki tampilan mirip.

Dari segi harga, Scoopy menawarkan tarif beragam, tergantung dengan tipenya apa. Misalnya, tipe Scoopy Sporty dan Fashion bisa kalian peroleh dengan kisaran harga Rp 21 jutaan.

Sedangkan tipe Scoopy Stylish serta Prestige harganya berkisar Rp 22 jutaan. Perbedaan harga ini bukan hanya menentukan desain saja, tapi juga spesifikasi yang nantinya kalian dapatkan. Mulai dari tipe mesin, jenis transmisi, torsi maksimal dan masih banyak lagi.

2. Honda BeAT

Selain Scoopy, motor anak muda varian matic yang akan sering kita temukan di jalanan adalah Honda BeAt. Produk ini cocok menjadi pilihan bagi para anak muda karena mempunyai opsi warna menarik.

Mulai dari hitam, putih, hijau, biru, cokelat, silver, biru hingga merah. Para pengendara bisa memilih warna sesuai dengan selera. Pemakaiannya cocok untuk wilayah perkotaan atau pedesaan dengan kategori medan tidak ekstrem.

Dari segi tipe mesin, BeAT mempunyai ukuran yang terbilang standar, yaitu 110 cc. Dengan tipe seperti ini, pengguna masih bisa mengandalkannya untuk memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari.

Dari segi harga, produk satu ini termasuk kategori murah. Apalagi bila membelinya bukan baru alias bekas. Ukuran bentuknya yang cukup kecil, membuat penggunanya bisa berbagai jenis usia.

Membahas tentang harga, akan berbeda-beda untuk setiap tipenya. Tipe motor anak muda BeAT CBS bisa kalian peroleh dengan kisaran harga Rp 17 jutaan. Sedangkan tipe CBS ISS serta Deluxe, kisaran tarifnya Rp 18 jutaan.

3. Honda Vario 125

Honda Vario 125 mempunyai beberapa tipe. Tipe CBS dan CBS-ISS kisaran harganya Rp 22 jutaan, sedangkan CBS-ISS special color Rp 23 jutaan. Vario mempunyai seri paling baru yang menawarkan warna body unik seragam dengan bagian velgnya.

Desain seperti ini cocok untuk para anak muda.  Sesuai dengan namanya, rekomendasi motor anak muda satu ini memiliki kapasitas mesin 125 cc. Honda Vario lebih bisa diandalkan penggunaannya pada jenis medan berat.

Hal ini relevan dengan kemampuan torsinya yang termasuk besar, yakni maksimal 10,8 Nm. Menariknya, Vario memiliki fitur teknologi paling baru yang membuat pengalaman berkendara lebih nyaman sekaligus hemat BBM.

4. Yamaha All New Aerox 155 Connected

Rekomendasi motor anak muda matic lainnya adalah All New Aerox 155 keluaran Yamaha. Produk ini mendukung kapasitas mesin sebesar 155 cc dan bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 13,9 Nm.

Kisaran harga All New Aerox 155 Connected yaitu 26 jutaan. Dengan spesifikasi canggih seharga demikian tergolong recomended. Dari segi tampilannya, produk ini terlihat keren karena bagian bodynya seragam dengan velg.

5. Honda Genio

Honda Genio merupakan motor bersi murah dari Scoopy yang juga memiliki banyak peminat. Salah satu alasan mengapa banyak anak muda berminat dengan Honda Genio adalah karena tampilannya keren. 

Dari segi mesin, produk ini tergolong sangat irit. Genio tipe CBS bisa kalian peroleh dengan harga Rp 18 jutaan, sedangkan CBS-ISS berkisar pada angka Rp 19 jutaan. Selain irit, dari segi kenyamanan terbilang cukup untuk menempuh perjalanan jarak jauh.

6. Fazzio Yamaha Hybrid Connected

Yamaha Fazzio biasanya menjadi alternatif pilihan bagi penggemar gaya motor anak muda modern retro yang berbeda dengan varian matic lainnya. Bukan hanya tampilannya yang keren sehingga memiliki banyak peminat, dari segi pilihan warna juga beragam.

Untuk harga, Fazzio tipe Lux berkisar Rp 21 jutaan. Sedangkan Fazzio Neo juga masih Rp 21 jutaan, tapi lebih mahal sedikit bila dibandingkan dengan varian Lux. Kapasitas mesin produk ini mencapai hingga 125 cc dan mendukung teknologi hybrid.

Teknologi hybrid ini tentu akan memaksimalkan fitur akselerasi. Daya tarik lainnya dari Yamaha Fazzio yaitu memiliki konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Sangat cocok menjadi alternatif opsi bagi para anak muda yang menghemat budget untuk BBM.

7. Yamaha All New NMax 155 Connected

Motor anak muda matic yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dari pada beberapa varian sebelumnya dan cocok menjadi rekomendasi adalah NMax. Produk ini memiliki harga sekitar Rp 32 jutaan.

Varian motor satu ini memiliki kapasitas mesin sebesar 155 cc dengan torsi maksimal 13,9 Nm. Daripada rekomendasi lainnya, NMax tergolong lebih cepat. Bahkan bisa bersaing dengan Honda ADV karena ada kemiripan dari segi tampilan serta spesifikasi.

Tapi memang lebih terjangkau dari pada Honda ADV. Inilah penyebab para anak muda menggemarinya. Selain itu, produk ini mempunyai fitur canggih yang menarik, yaitu bisa terhubung dengan smartphone.

8. Honda ADV 160

Rekomendasi yang tidak kalah menarik yaitu Honda ADV 160. Beberapa kelebihan produk ini yaitu memiliki tampilan keren, tenaga besar mencapai hingga 14,7 Nm serta mendukung mesin 160 cc. 

Dari segi harga, tipe motor anak muda Honda ADV 160 CBS sekitar Rp 36 jutaan. Sedangkan tipe ADV 160 ABS mencapai kisaran harga hingga Rp 39 jutaan. Spesifikasi tinggi dari produk ini membuatnya cocok untuk aktivitas touring serta perjalanan jarak jauh.

9. Yamaha Fino

Rekomendasi terakhir adalah Yamaha Fino yang mempunyai kapasitas mesin sebesar 125 cc walaupun dari segi bentuknya kecil. Sedangkan ukuran torsi maksimalnya mencapai hingga 9,6 Nm.

Dengan spesifikasi seperti demikian, membuat produk ini cukup bisa diandalkan untuk beragam medan. Dari segi harga, tipe Grande bisa kalian peroleh dengan kisaran Rp 20 jutaan. Sedangkan tipe Premium dan Sporty kisaran harganya Rp 19 jutaan. 

Dari seluruh daftar rekomendasi tersebut, kalian bisa memilih sesuai kebutuhan. Sebab, masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri dan mempunyai kelas berbeda-beda. Jadi, sebelum memilih motor anak muda varian matic, identifikasi kebutuhan kalian terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement