Jumat 28 Jul 2023 17:17 WIB

Deloitte Indonesia Perusahaan dengan Pengelolaan Terbaik 2023

Tahun ini, terdapat lima perusahaan baru yang berhasil mendapatkan penghargaan.

Deloitte Indonesia mengumumkan pemenang Indonesias Best Managed Companies 2023.
Foto: Dok Republika
Deloitte Indonesia mengumumkan pemenang Indonesias Best Managed Companies 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deloitte Indonesia mengumumkan pemenang Indonesia’s Best Managed Companies 2023. Dalam ajang tahunan yang diadakan untuk ketiga kalinya, sebelas perusahaan swasta terpilih dan masing-masing diakui atas keberhasilan dan kontribusi yang diberikan terhadap sektor industri dan ekonomi Indonesia.  

Untuk mendapatkan gelar bergengsi ini, perusahaan-perusahaan tersebut harus melalui penilaian ketat yang dipimpin oleh panel juri multidisiplin dan independen. Empat pilar utama menjadi fondasi penilaian meliputi strategi, kapabilitas dan inovasi, budaya dan komitmen, serta tata kelola dan keuangan.

Tahun ini, terdapat lima perusahaan baru yang berhasil mendapatkan penghargaan untuk pertama kalinya. Kelima perusahaan tersebut adalah PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI) pengelola jaringan bioskop terbesar di Indonesia, PT Paragon Universa Utama (Paragon Corp) yang bergerak dalam sektor kecantikan dan perawatan pribadi, PT Mayora Indah Tbk di sektor makanan dan minuman, PT Sat Nusapersada Tbk di bidang manufaktur elektronik, dan PT Eka Mas Republik yang bergerak dalam layanan internet.

Hans Gunadi, Presiden Direktur dan CEO PT Nusantara Sejahtera Jaya Tbk menyebutkan, penghargaan ini adalah hasil dari kerja keras dalam memberikan pengalaman menonton terbaik bagi para penonton film di Indonesia. “Merupakan suatu kehormatan bagi Cinema XXI untuk diakui sebagai salah satu pemenang dalam Indonesia Best Managed Companies. Ini memperkuat komitmen kami untuk memberikan kualitas tanpa kompromi, hiburan yang terjangkau, dan selalu menjadi yang terbaik di industri perfilman,” kata dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Jumat (28/7/2023).

Sementara itu, enam perusahaan lainnya berhasil mempertahankan status Best Managed Companies mereka. Antara lain PT Great Giant Pineapple dan PT Pakuwon Jati Tbk yang meraih penghargaan selama tiga tahun berturut-turut. PT ACE Hardware Indonesia Tbk, PT Indesso Primatama, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, dan PT Mowilex Indonesia juga berhasil mempertahankan gelar mereka selama dua tahun berturut-turut.

Bagi Tommy Wattimena, CEO PT Great Giant Pinaple, keberhasilan meraih penghargaan Best Managed Company di Indonesia selama tiga kali berturut adalah bukti dari dedikasi teguh dan kerja tim yang luar biasa dari para karyawan perusahaan. “Keberhasilan kita tidak hanya terletak pada meraih penghargaan, tetapi juga dalam secara konsisten meningkatkan standar keunggulan dan inovasi,” ungkap Tommy.

Roy Tedja, Best Managed Companies Leader dari Deloitte Indonesia menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang, “Selamat kepada sebelas pemenang program penghargaan Indonesia Best Managed Companies tahun ini. Mereka telah tergabung dalam komunitas elit global Best Managed Companies di 46 negara dan berada di garis terdepan industri mereka, berkontribusi pada komunitas bisnis mereka dan perekonomian Indonesia,” katanya.

Roy juga menjelaskan, para pemenang diseleksi oleh panel juri yang terdiri dari individu-individu terkemuka seperti Prof. Agus W. Soehadi, Ph.D., Wakil Rektor Universitas Prasetiya Mulya; Dr. Ancella Anitawati Hermawan, MBA, CA, ACMA, CGMA, Dosen Senior Jurusan Akuntansi Universitas Indonesia; dan Claudia Lauw, mantan CEO Deloitte Indonesia. "Panel juri independen kami dengan teliti telah meninjau aplikasi yang masuk dan menentukan pemenang tahun ini," jelasnya.

Michael Tsia, Southeast Asia Best Managed Companies, menambahkan, “Kami bangga dengan bisnis-bisnis swasta terbaik yang memenuhi kualifikasi dan kembali memenuhi kualifikasi atas penghargaan Best Managed Companies tahun ini. Best Managed Companies membedakan diri mereka dengan memiliki visi inovatif dan menawarkan produk dan jasa terbaik di kelasnya kepada pelanggan mereka.”

Pemenang Indonesia ini akan bergabung dalam jaringan global Best Managed Companies yang terdiri lebih dari 1.300 organisasi dari 46 negara di Amerika, Eropa dan Asia Pasifik. Mereka juga diundang untuk bergabung dalam Simposium Regional dan Makan Malam Gala Tahunan Best Managed Companies Asia Tenggara 2023 di Bangkok, Thailand pada 3 Agustus 2023, sebagai malam perayaan, ajang berjejaring dan rekognisi pasar.

Best Managed Companies adalah program unggulan yang diselenggarakan oleh Deloitte Private, yang secara eksklusif berfokus untuk melayani perusahaan keluarga dan klien perorangan dalam berbagai ukuran. Program ini membuktikan bahwa, meskipun tantangan dan perubahan yang terjadi dalam lingkungan bisnis, perusahaan-perusahaan ini tetap mampu menghadirkan kinerja terbaik, inovasi, dan kontribusi yang berarti untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement