Kamis 27 Jul 2023 23:21 WIB

Menkop UKM: Kain Tradisional Indonesia Harus Jadi Bagian Industri Dunia

Kain wastra Indonesia dikenal memiliki keunikan dan keberagaman.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki optimistis kain-kain etnik tradisional (wastra) dari Indonesia semakin dilirik dan menjadi bagian dari industri fesyen dunia.
Foto: dok Humas Kemenkop UKM
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki optimistis kain-kain etnik tradisional (wastra) dari Indonesia semakin dilirik dan menjadi bagian dari industri fesyen dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki optimistis kain-kain etnik tradisional (wastra) dari Indonesia semakin dilirik dan menjadi bagian dari industri fesyen dunia.

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan kain-kain wastra Indonesia dikenal memiliki keunikan dan keberagaman dari berbagai daerah, hal itulah yang menjadi unggulan produk kain dalam negeri dibanding negara lain.

“Salah satunya dari Indonesia, dua tahun lalu tenun gringsing dari Bali itu sudah dipakai oleh merek Dior. Nah ini saya kira akan banyak kain lokal wastra lainnya yang akan menjadi bagian dari produk dunia,” ucap Menteri Teten di sela-sela acara Opening Ceremony Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Dalam mewujudkan hal tersebut, kata Menteri Teten, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) turut aktif melakukan kerja sama dengan berbagai inkubator untuk mengurasi dan mendampingi para pelaku UMKM, dan desainer lokal agar memenuhi standar dunia.

“Salah satunya Kemenkop UKM yang telah bekerja sama dengan Institut Francais d’Indonesie (IFI) dan Pintu Inkubator untuk membawa produk fesyen termasuk kain tradisional masuk ke pasar Prancis dan Eropa. Karena kalau bekerja sendiri pasti butuh waktu yang lama. Bersama inkubator, mendorong bisnis UMKM ini terus berkembang ke pasar global,” ujarnya.

MenKopUKM pun mendukung ajang KKI 2023 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) dan menjadi komitmen BI bersama Pemerintah dalam mengakselerasi berbagai kebijakan pengembangan UMKM, agar semakin produktif dan kontributif guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

“Event seperti ini, selain mempromosikan produk kain Indonesia dan mendorong penjualan ritel, tetapi juga menjadi ajang business matching yang mengundang para buyer dari luar negeri, sehingga produk kain dan fesyen Indonesia yang kaya ini, terhubung dengan distributor di luar negeri,” kata Teten.

Seiring dengan tujuan tersebut, Menkop UKM juga menekankan bahwa kekuatan produk dalam negeri ini harus dilindungi dari serbuan barang impor. Terutama kain-kain tradisional yang memiliki kekhasan dan keunggulan dibanding produk impor yang ada.

Terutama dengan kehadiran e-commerce, telah ada kajian di beberapa negara termasuk di dalam negeri, di mana banyak produk UMKM Tanah Air yang mulai tergerus produk impor di platform e-commerce. Itu mengapa, ia sangat menekankan, agar perlu segera disusun kebijakan Pemerintah mengenai arus perdagangan dalam digitalisasi ekonomi Tanah Air.

“Alhamdulillah sebentar lagi akan dibentuk Satgas untuk digital ekonomi yang memiliki tugas melindungi produk UMKM, e-commerce itu sendiri, industrinya, juga konsumen,” kata MenKopUKM.

Hadir sebagai tuan rumah event KKI, Gubernur BI Perry Warjiyo yang mengatakan, kebangkitan UMKM dapat diwujudkan melalui tiga kata kunci, yaitu konsisten, inovasi, dan sinergi (KIS). Pertama, konsisten dalam berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan nilai tambah produk sehingga dapat meningkatkan daya saing UMKM. 

“Kedua, kami mendorong inovasi agar UMKM dapat menghadapi perkembangan digitalisasi dan tren pasar. Kebangkitan UMKM perlu didukung pula oleh transformasi UMKM yang semakin inovatif, kreatif, dan adaptif sehingga dapat memperluas akses pasar dan jaringan rantai pasok, serta meningkatkan akses pembiayaan,” kata Perry.

Ketiga, sinergi sebagai elemen penting dalam menciptakan kebijakan dan program yang lebih efektif dan efisien antara Kementerian/Lembaga (K/L), untuk mendorong perluasan pasar bagi produk-produk UMKM Indonesia, memperkuat sisi penawaran dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM, dan memperkuat sisi permintaan dalam rangka mendorong semangat bangga, cinta, dan beli produk dalam negeri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement