Jumat 28 Jul 2023 02:25 WIB

BUMN Pariwisata Beberkan Kesiapan Gelar ARRC di Mandalika

ARRC 2023 kembali hadir di Indonesia setelah terakhir diselenggarakan pada 2018.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Holding BUMN pariwisata mendukung penuh ajang Balap Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Holding BUMN pariwisata mendukung penuh ajang Balap Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney sebagai Holding BUMN pariwisata mendukung penuh ajang Balap Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan penyelenggaraan ARRC merupakan komitmen dalam melanjutkan legacy dalam upaya menjaga konsistensi mempromosikan KEK Mandalika sebagai sports and entertainment tourism untuk peningkatan perputaran ekonomi daerah.

"Event seperti ini menjadi upaya untuk terus menghidupkan KEK Mandalika yang pada akhirnya akan memberikan dampak multiplier effect terhadap ekonomi lokal di kawasan KEK Mandalika seperti akomodasi, transportasi, UMKM, penyediaan lapangan kerja, dan sebagainya," ujar Maya saat jumpa pers di Gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (27/7/2023).

Baca Juga

Maya menyebut exposure yang dihasilkan dari event ini akan meningkatkan awareness wisatawan mancanegara dan domestik. Dengan begitu, akan terjadi peningkatan trafik kunjungan wisatawan yang berkunjung ke NTB.

"Ini sejalan dengan misi InJourney dalam penguatan ekosistem pariwisata demi percepatan pemulihan ekonomi nasional, khususnya Mandalika sebagai salah satu dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), ajang ini diyakini akan memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi Indonesia, khususnya NTB," ucap Maya.

Direktur Operasi PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Troy Reza Warokka menyampaikan ajang ini menjadi salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam memajukan sektor pariwisata melalui event-event berkelas internasional. Kejuaraan ARRC 2023 akan memberikan pengalaman luar biasa bagi para penonton dan juga dapat mengenalkan kawasan The Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga yang menarik.

"Kejuaraan ARRC 2023 di Indonesia diharapkan akan menjadi peristiwa besar bagi dunia balap motor dan pariwisata di Indonesia. Dengan dukungan dari berbagai pihak terkait, acara ini diharapkan akan sukses dan memberikan dampak positif bagi perkembangan olahraga roda dua dan industri pariwisata di Indonesia," ucap Troy.

Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Nusantara Jaya, Priandhi Satria mengatakan ARRC 2023 kembali hadir di Indonesia setelah terakhir diselenggarakan pada tahun 2018. ARRC 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 11-13 Agustus 2023 mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit. Priandhi mengatakan kejuaraan round ke-4 ini dibagi menjadi empat kelas, yaitu Asia Superbikes 1.000cc (ASB 1000), Supersports 600cc (SS600), Asia Production 250cc (AP250) dan Underbone 150cc (UB150). 

"Terdapat 90 peserta yang mengikuti kejuaraan pada ajang ini, 19 diantaranya ialah pembalap muda asal Indonesia," ujar Priandhi.

(MGPA bersama dengan IMI....)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement