Rabu 26 Jul 2023 17:25 WIB

Mempercantik Interior Rumah dengan Batik, Begini Triknya

Gelar Batik Nusantara 2023 akan menghadirkan produk home living.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Perajin batik (Ilustrasi). Batik juga dapat menjadi hiasan dekorasi rumah.
Foto: ANTARA/Rizal Hanafi
Perajin batik (Ilustrasi). Batik juga dapat menjadi hiasan dekorasi rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Batik merupakan warisan budaya Indonesia. Kain batik telah banyak dijadikan produk fashion, mulai dari pakaian, tas, sepatu bahkan aksesori. Selain itu, batik juga bisa menjadi dekorasi interior rumah.

Ketua pelaksana Gelar Batik Nusantara 2023 (GBN2023), Diana Santosa menjelaskan batik bisa digunakan sebagai hiasan berbagai ruangan di rumah, mulai dari ruang tamu, ruang makan, bahkan kamar tidur. Di ruang tamu, batik tidak hanya bisa dijadikan hiasan pada sarung bantal sofa saja, tapi juga dapat diaplikasikan pada taplak meja juga hiasan dinding.

Baca Juga

Begitu juga di ruang makan, batik bisa digunakan pada meja atau kursi makan. Sementara di kamar tidur, batik dapat dijadikan hiasan sebagai seprai, bed cover, sarung bantal, juga guling.

Selain itu, bisa juga dikombinasikan dengan karpet motif batik. Hiasan batik ini juga bisa di padankan dengan funiture modern.

"Hiasan dindingnya pakai batik dikombinasi dengan furnitur modern. Tidak menjadikan furnitur jadi kuno, tapi justru semakin menarik," ujarnya dalam konferensi pers GBN 2023 di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement