Jumat 21 Jul 2023 18:50 WIB

Mengubah Baterai EV Mati Menjadi Emas 

Perusahaan AS berlomba mendaur ulang baterai EV demi insentif.

Baterai EV Panansonic ditampilkan di layar yang menggerakkan turbin angin kecil sumbu vertikal selama International Wind Energy Expo (WIND EXPO) ke-2 di Tokyo, Jepang, 26 Februari 2014.
Foto: EPA
Baterai EV Panansonic ditampilkan di layar yang menggerakkan turbin angin kecil sumbu vertikal selama International Wind Energy Expo (WIND EXPO) ke-2 di Tokyo, Jepang, 26 Februari 2014.

REPUBLIKA.CO.ID, POOLE -- Klausul kecil yang dipublikasikan dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS (IRA) mendorong perusahaan berebut untuk mendaur ulang baterai kendaraan listrik. Ini menempatkan wilayah tersebut berada di garis depan perlombaan global untuk merusak dominasi China di bidang daur ulang baterai EV.

Undang-undang tersebut juga mencakup klausul yang secara otomatis memenuhi syarat bahan baterai EV yang didaur ulang di AS sebagai buatan Amerika untuk subsidi, terlepas dari asalnya. Itu penting karena memenuhi syarat pembuat mobil menggunakan bahan baterai yang didaur ulang AS untuk insentif produksi EV. 

Baca Juga

Reuters mewawancarai lebih dari selusin pejabat industri dan pakar yang mengatakan itu memulai ledakan pembangunan pabrik AS, mendorong pembuat mobil untuk meneliti lebih banyak baterai yang dapat didaur ulang. Ini pada akhirnya dapat mempersulit pembeli di negara-negara berkembang untuk membeli EV bekas yang lama. 

China menangani hampir semua daur ulang baterai EV di pasar global yang diproyeksikan akan tumbuh dari 11 miliar dolar AS pada 2022 menjadi 18 miliar dolar AS pada 2028, menurut perusahaan riset EMR. Karena lebih banyak EV diperkenalkan dan usia dari armada kendaraan, bisnis itu akan tumbuh. 

Mineral dalam baterai tersebut , terutama lithium, kobalt dan nikel, bernilai rata-rata antara 1.000 euro hingga 2.000 euro per mobil, kata ketua keberlanjutan BMW, Thomas Becker kepada Reuters.

Bahan-bahan itu bisa kekurangan pasokan dalam beberapa tahun karena pembuat mobil meningkatkan produksi EV.

"Di sisi lain, bahan-bahan itu bisa terus didaur ulang tanpa kehilangan kekuatan mereka," kata Louie Diaz, wakil presiden perusahaan daur ulang baterai Kanada Li-Cycle.

Li-Cycle telah menerima pinjaman pemerintah AS senilai 375 juta dolar AS untuk pabrik daur ulang di New York yang dijadwalkan dibuka akhir tahun ini. Pendanaan itu membantu memajukan keputusan investasi perusahaan, kata Diaz. 

JB Straubel, CEO Redwood Materials mengatakan bahwa undang-undang inflasi AS memperlakukan bahan baterai daur ulang sebagai 'harta karun' yang ditambang secara lokal. Sehingga, ini mendorong perusahaan AS untuk bergerak lebih cepat pada upaya daur ulang daripada rekan-rekan mereka di Uni Eropa, yang malah berfokus pada mandat, termasuk jumlah minimum bahan daur ulang di baterai EV di masa depan. 

Perusahaan daur ulang Li-Cycle dan lainnya merencanakan pabrik Eropa dalam beberapa tahun ke depan, tetapi akses ke pendanaan dan insentif yang dibuat di Amerika berarti beberapa pabrik AS sudah dibangun.

"Apa yang dilakukannya (IRA) adalah mengubah persamaan permintaan untuk bahan baterai," kata Mike O'Kronley, CEO Ascend Elements, yang sudah memiliki satu pabrik daur ulang di Georgia dan telah menerima hampir 500 juta dolar AS dalam hibah departemen energi.

Namun demikian, China masih memimpin perlombaan dan mengumumkan standar yang lebih keras dan meningkatkan dukungan penelitian untuk pendaur ulang baterai EV. Setelah IRA berlaku, pejabat China menggambarkan undang-undang tersebut sebagai "anti-globalisasi" dan menuduh AS intimidasi sepihak.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement