Senin 17 Jul 2023 05:28 WIB

Taman Safari Resmikan Rumah Baru Orang Utan-Harimau di Nagoya Jepang

Pembangunan Rumah Baru ini merupakan kerja sama antara TSI dan Pemerintah Jepang.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Gita Amanda
Seekor anak Orangutan Sumatra (Pongo Abelii) (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas
Seekor anak Orangutan Sumatra (Pongo Abelii) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Taman Safari Indonesia (TSI) telah membangun dan meresmikan Rumah Baru Otang Utan dan Harimau Sumatra di Higashiyama Zoo di Kota Nagoya, Jepang. Pembangunan Rumah Baru ini merupakan kerja sama antara TSI dan Pemerintah Jepang.

Direktur TSI, Jansen Manansang, mengatakan TSI telah menjalin hubungan baik sebagai sister park dengan Higashiyama Zoo and Botanical Garden Nagoya untuk konservasi satwa liar yang dilindungi Indonesia. “Saya sangat bangga telah diundang ke perayaan ini. TSI telah lama menjalin kerja sama dalam konservasi dan pelestarian satwa liar yang dilindungi dengan rekan kebun binatang di Jepang,” ujar Jansen dalam keterangannya, Ahad (16/7/2023).

Lebih lanjut, Jansen mengatakan, konservasi satwa liar merupakan pekerjaan seumur hidup yang melibatkan multinasional, multistakeholder, swasta dan negara dalam rangkaian kerja sama pentahelix. Kerja sama antara Indonesia dan Jepang, Taman Safari Indonesia dan kebun binatang di Jepang merupakan implementasi dari program ini.

“Taman Safari Indonesia telah melakukan program konservasi dan pelestarian hewan karismatik seperti orangutan, gajah sumatera, harimau sumatera, Komodo Dragon dan Bali Mynah. Kerja sama TSI dengan beberapa kebun binatang di Jepang meliputi: Taman Zoologi Tama, Kebun Binatang Ueno, Kebun Binatang Saporo Maruyama, Taman Safari Gunma, dan Pusat Penelitian Yokohama,” katanya.

Menurut Jansen, TSI juga berbangga dapat memperluas jaringan kerja sama antara Taman Safari Indonesia dengan Higashiyama Zoo and Botanical Garden, sebagai kebun binatang persahabatan yang ditandatangani pada Januari 2023.

“Terima kasih juga untuk masyarakat Kota Nagoya dan masyarakat Jepang pada umumnya atas pembukaan kandang ini. Saya berharap kemitraan dan persahabatan ini akan berlanjut, untuk generasi berikutnya,” kata Jansen mengharapkan.

Sementara, Deputi/Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jepang, Alue Dohong, mengucapkan terima kasih dan berbangga atas inisiasi Takashi Kawamura, Walikota Kota Nagoya dan Hiroaki Yamaguchi, Direktur Kebun Binatang Kebun Binatang dan Taman Botani Higashiyama, untuk menghadirkan rumah baru bagi satwa kebanggaan Indonesia di Jepang.

“Semoga langkah pengenalan satwa asli Indonesia ke Jepang ini menjadi pilar konservasi satwa-satwa langka di dunia,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement