Ahad 16 Jul 2023 01:23 WIB

Cadillac Luncurkan SUV Listrik Optiq Khusus Pasar China

Cadillac saat ini hanya menjual satu varian mobil listrik di China.

Cadillac Optiq akan diluncurkan semester kedua 2023 di China.
Foto: Cadillac
Cadillac Optiq akan diluncurkan semester kedua 2023 di China.

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING -Regulator China mengungkapkan gambar mobil listrik (EV) baru dari Cadillac bernama Optiq pada, Jumat (14/7/2023). Ini adalah SUV listrik dengan motor tunggal dan dua trim dengan daya maksimum masing-masing 150 kW dan 180 kW. EV akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini dan hanya dijual di pasar Cina.

Di Cina, setiap mobil harus disetujui oleh regulator setempat sebelum dipasarkan. Badan pengatur berada di bawah Kementerian Informasi dan Teknologi China (MIIT), dan setiap bulan, mereka menerbitkan daftar mobil yang melalui proses homologasi. Pembuat mobil tidak terlalu senang dengan hal itu karena mengungkapkan gambar dan spesifikasi kendaraan yang belum mereka luncurkan. 

Baca Juga

Dimensi mobil ini masing-masing 4822/1912/1642mm, dan jarak sumbu roda 2954mm. Beratnya adalah 2220 kg, dan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 180 km/jam. Mobil itu memiliki bahasa desain baru yang belum pernah ada di Cadillac sebelumnya, dan tampilannya bagus. Lampu besar, cermin besar, dan gagang pintu pop-out memberikan tampilan modern. Kisi-kisi hitamnya mewah, tetapi dekorasi peraknya mengingatkan pada mobil ICE.

Cadillac saat ini hanya menjual satu EV di China, yakni SUV Lyriq yang dibanderol sekitar Rp 1 miliar. Optiq diposisikan di bawah Lyriq; itu lebih kecil, sehingga harganya diharapkan lebih murah.

 

EV baru tersebut mengisyaratkan bahwa manajemen Cadillac Cina menjadi lebih mandiri dari kantor pusat perusahaan di Michigan, Amerika Serikat. Merek premium yang berada di bawah naungan General Motors ini sudah menjual dua mobil ICE khusus China: sedan CT6 dan crossover kompak sporty GT4.

Perusahaan patungan SAIC-CATL akan memasok baterai untuk Optiq, dan mobil tersebut akan diproduksi di pabrik SAIC di Wuhan. Itu tidak mengherankan karena GM memiliki kemitraan jangka panjang dengan SAIC, dan usaha patungan mereka di China yang didirikan pada 12 Juni 1997. 

SAIC adalah singkatan dari Shanghai Automotive Industry Corporation, produsen mobil milik negara dan salah satu dari 'empat besar' China. Ia juga memiliki merek MG dan merupakan bagian dari usaha patungan GM-Wuling SGMW, yang bertanggung jawab atas Mini EV, Baojun Yep, atau Wulign Bingo.

Beberapa hari lalu, pada 10 Juli, Cadillac menurunkan harga Lyriq sebesar 60.000 yuan (8.400 dolar AS) karena perang harga berdarah di China. Cukup adil untuk menambahkan bahwa Cadillac membenarkan pengurangan harga dengan mengecualikan beberapa layanan dari paket Lyriq dan menjadikannya opsional. Langkah ini mirip dengan apa yang dilakukan Nio sebulan lalu ketika mereka mengurangi harga produk mobilnya  sebesar 30.000 yuan dan mengecualikan pertukaran baterai gratis dari paket.

 

sumber : carNewsChina.com
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement