Ahad 16 Jul 2023 00:37 WIB

Mobil China Mendunia Setelah Pengembangan 70 Tahun

Cina pertama kali memproduksi mobil tahun 1956.

Robot las bekerja di pabrik sedan FAW-Hongqi di Changchun, Provinsi Jilin, China Timur Laut, 6 Juli 2023.
Foto: Xinhua
Robot las bekerja di pabrik sedan FAW-Hongqi di Changchun, Provinsi Jilin, China Timur Laut, 6 Juli 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,CHANGCHUN -- Pembuat mobil terkemuka China FAW Group Co Ltd merayakan hari jadinya yang ke-70 saat mobilnya yang ke-55,77 juta diluncurkan dari jalur produksi salah satu pabriknya, di China, Sabtu (15/7/2023).

Pembangunan pabrik otomotif pertama FAW Group -dan merupakan pabrik manufaktur otomotif pertama di China- yang berlokasi di kota Changchun, Provinsi Jilin di China Timur Laut, pada 15 Juli 1953, menandai dimulainya industri otomotif nasional negara tersebut.

Baca Juga

Pada 13 Juli 1956, truk Jiefang diluncurkan untuk pertama kali dari jalur perakitan perusahaan setelah tiga tahun persiapan dan uji coba produksi. Hal itu mengakhiri sejarah bahwa China tidak dapat memproduksi kendaraan. Dari mobil pertamanya yang diluncurkan hingga menjadi salah satu dari 500 perusahaan teratas dunia, FAW Group telah menjadi lambang pengembangan industri otomotif China.

Setelah tujuh dekade upaya tanpa henti, China bergerak maju untuk menjadi pembuat mobil dunia terdepan.

Data menunjukkan bahwa China telah menjadi negara produksi dan penjualan mobil terbesar di dunia selama 14 tahun berturut-turut, dan produksi dan penjualan kendaraan energi baru (NEV) menduduki puncak pasar global selama delapan tahun berturut-turut.

Data dari Administrasi Umum Bea Cukai menunjukkan ekspor kendaraan China melonjak menjadi sekitar 1,07 juta unit pada kuartal pertama tahun 2023. Angka tersebut menunjukkan bahwa China telah menjadi eksportir mobil terbesar di dunia bahkan melampaui Jepang.

"Kami telah menembus sejumlah hambatan teknologi, memasukkan sejumlah produk kompetitif, dan membuat langkah penting dalam kemandirian sains dan teknologi," kata Qiu Xiandong, manajer umum FAW Group, Sabtu.

Menurut Wang Deping, wakil presiden eksekutif lembaga R&D di bawah FAW Group, perusahaan telah menghasilkan 494 teknologi utama dan penting dalam tiga tahun terakhir.

"Jumlah staf Litbang kami telah berkembang dari 2.360 orang menjadi lebih dari 4.500 orang, dan siklus pengembangan mobil baru telah dikurangi dari 48 bulan menjadi 24 bulan," kata Wang.

Orang dalam industri otomotif percaya bahwa putaran peluang transformasi energi baru untuk industri mobil China ini tidak hanya memberikan vitalitas baru pada basis industri lama tetapi juga melahirkan kekuatan pembuat mobil baru seperti NIO dan Li Auto.

Data dari China Association of Automobile Manufacturers menunjukkan bahwa dari Januari hingga Juni 2023, produksi dan penjualan NEV China melampaui 3,78 juta unit dan 3,74 juta unit, masing-masing meningkat 42,4 persen dan 44,1 persen dari tahun ke tahun.

Saat ini, orang-orang China telah menunjukkan permintaan kendaraan yang beragam, dan oleh karena itu pembuat mobil besar telah meluncurkan produk yang lebih tersegmentasi.

Liu Kexin, peneliti senior China Automotive Technology and Research Center Co Ltd, mengatakan generasi muda konsumen China, yang menghargai penampilan, selera teknologi, dan personalisasi kendaraan, kini lebih memilih merek dalam negeri.

photo
Kendaraan listrik (EV) BYD Seal ditampilkan di dealer mobil di Shanghai, China, 3 Februari 2023. - (Reuters)

 

 

sumber : chinadaily.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement