Jumat 14 Jul 2023 15:15 WIB

Emiten Tambang Ini Dorong Pertanian Ramah Lingkungan

Pertanian organik penting untuk menjaga keberlanjutan lingkungan.

PT Vale Indonesia Tbk mendorong masyarakat menuju kemandirian pascatambang melalui program Pertanian, Perkebunan, Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB).
Foto: Dok. Kementan
PT Vale Indonesia Tbk mendorong masyarakat menuju kemandirian pascatambang melalui program Pertanian, Perkebunan, Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Vale Indonesia Tbk mendorong masyarakat menuju kemandirian pascatambang melalui program Pertanian, Perkebunan, Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB) di area pemberdayaannya. Area pemberdayaan PT Vale meliputi empat kecamatan yakni Kecamatan Malili, Nuha, Wasuponda dan Towuti. 

Program pertanian organik merupakan inisiatif dari PT Vale untuk mendukung pertumbuhan dan produktivitas dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Sektor pertanian juga dipilih berdasarkan kondisi daerah yang mayoritas penduduknya menggantungkan nafkah dari bidang ini. 

Baca Juga

Pertanian organik terbukti mampu meningkatkan hasil panen dan di sisi lain menghemat ongkos selama tanam hingga panen.  Program tersebut telah berjalan sejak tahun 2015. Hingga saat ini, perseroan telah membina 44 kelompok masyarakat. Mereka terdiri dari kelompok tani, kelompok Wanita tani, kelompok peternak, kelompok disabilitas dan 10 kelompok masyarakat lokal yang berada di sekitar wilayah pemberdayaan Vale. 

Beragam dukungan dilakukan pada kelompok-kelompok masyarakat tersebut, seperti budidaya sayuran organik, penyediaan sarana dan prasarana perikanan air tawar dan peternakan kambing dan sapi, mengembangkan peternakan ayam petelur, serta mendukung proses produksi kompos. CEO PT Vale Indonesia Tbk, Febriany Eddy mengatakan, Vale secara global memiliki tiga prioritas dalam seluruh keputusan bisnis, yakni People, Planet, dan Profit. PT Vale Indonesia mengejawantahkan prinsip “People” dalam program tersebut dengan Program P3SRLB.

“Kami melihat adanya peningkatan hasil total dari seluruh program pemberdayaan masyarakat lokal yang kami jalankan.” jelasnya.

Melalui metode SRI Organik, perusahaan mengajarkan petani cara menggunakan pupuk organik. Dengan optimalisasi pupuk organik, petani dapat memanfaatkan bahan yang murah, bebas zat kimia, dan bersifat alami.

Selain tidak membutuhkan biaya, pemanfaatan pupuk organik juga menjaga unsur hara pada tanah pertanian. Dengan demikian, metode ini membawa untung, tak hanya bagi petani dan konsumen yang menikmati produk ini, tetapi juga bagi kelestarian bumi.

Program P3SRLB ini juga menyasar peternak lokal dari latar belakang disabilitas. Sulaiman sebagai salah satu penerima manfaat program PT Vale Indonesia tersebut mengatakan meskipun awalnya masih asing dengan konsep peternakan berkelanjutan yang ditawarkan PT Vale Indonesia, peternak sangat terbantu dengan adanya tenaga pendamping budidaya peternakan organik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement