Kamis 13 Jul 2023 12:48 WIB

PT Vale Dorong Kemandirian Masyarakat di Area Pemberdayaan

Vale menaruh investasi yang serius di area-area pemberdayaan.

PT Vale Indonesia Tbk
Foto: Facebook PT Vale Indonesia Tbk
PT Vale Indonesia Tbk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mewujudkan kemandirian masyarakat di area pemberdayaan melalui Program Pertanian Perkebunan Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB).

Adapun area pemberdayaan PT Vale meliputi empat kecamatan yakni Kecamatan Malili, Nuha, Wasuponda dan Towuti, yang berada di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga

CEO Vale Indonesia Febriany Eddy dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (13/7/2023) menyampaikan, salah satu nilai Vale adalah menghargai bumi dan masyarakat. "Oleh karenanya, PT Vale menaruh investasi yang serius di area-area pemberdayaan, termasuk melalui pelatihan dan pendampingan pertanian organik ini," ucap Febriany.

Febriany menjelaskan, program pertanian organik merupakan inisiatif dari PT Vale untuk mendukung pertumbuhan dan produktivitas, serta menjaga keberlanjutan lingkungan. Sektor pertanian juga dipilih berdasarkan kondisi daerah yang mayoritas penduduknya menggantungkan nafkah dari bidang ini.

 

Pertanian organik terbukti mampu meningkatkan hasil panen dan di sisi lain menghemat ongkos selama tanam hingga panen. Program tersebut telah berjalan sejak 2015 dan hingga saat ini telah membina kurang lebih 44 kelompok masyarakat. Mereka terdiri dari kelompok tani, kelompok wanita tani, kelompok peternak, kelompok disabilitas, dan 10 kelompok masyarakat lokal yang berada di sekitar wilayah pemberdayaan PT Vale.

Beragam dukungan telah dilakukan pada kelompok-kelompok masyarakat tersebut. Seperti budi daya sayuran organik, penyediaan sarana dan prasarana perikanan air tawar dan peternakan kambing dan sapi, mengembangkan peternakan ayam petelur, serta mendukung proses produksi kompos.

Secara global, ia menyebutkan PT Vale memiliki tiga prioritas dalam seluruh keputusan bisnis, yakni 3P yang merupakan singkatan dari People, Planet, dan Profit. Vale Indonesia mewujudkan prinsip People dalam 3P tersebut, salah satunya, dengan hadirnya Program P3SRLB.

"Kami melihat adanya peningkatan hasil total dari seluruh program pemberdayaan masyarakat lokal yang kami jalankan," kata Febriany.

Febriany megungkapkan PT Vale berupaya menjaga komitmennya dalam mewujudkan tiga aspek keberlanjutan yang dikenal dengan Lingkungan, Sosial, Tata Kelola (Environment, Social, Governance/ESG). Program P3SRLB termasuk komitmen sosial, yang turut menjadi bagian dari nilai-nilai perusahaan.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement