Selasa 11 Jul 2023 16:49 WIB

Sempat Batal, Jadi Kapan MLFF Diuji Coba?

Menteri PUPR menyatakan penjadwalan ulang tengah dilakukan badan usaha MLFF.

Petugas keamanan bersiaga di Gerbang Tol Ngurah Rai di Jalan Tol Bali Mandara, Bali, Rabu (21/9/2022).
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Petugas keamanan bersiaga di Gerbang Tol Ngurah Rai di Jalan Tol Bali Mandara, Bali, Rabu (21/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Kementerian PUPR mengungkapkan rencana jadwal uji coba sistem transaksi tol nirsentuh tanpa henti atau multi lane free flow (MLFF) sedang dibahas di internal Badan Usaha Pelaksana.

"Mereka akan menjadwalkan kembali atau reschedule tanggal yang pas untuk menyiapkan teknisnya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga

Uji coba MLFF direncanakan mulai 1 Juni 2023 di Tol Bali Mandara batal tanpa alasan yang jelas. PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) merupakan Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF menyatakan belum mengantongi tanggal uji coba MLFF lantaran hal tersebut ditentukan oleh pemerintah Indonesia. Namun RITS berharap sistem MLFF dapat diujicobakan tahun ini. Karena menggunakan dana pemerintah Hongaria, RITS mengaku kerap ditanyai pemerintah Hongaria soal perkembangan MLFF.

Sistem transaksi nontunai berbasis MLFF menjadi salah satu inovasi baru melalui sistem pembayaran nirsentuh dengan menciptakan suatu efisiensi, efektivitas, aman, dan nyaman dalam penerapan sistem pembayaran jalan tol di Indonesia. MLFF merupakan hasil dari kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria dengan tujuan meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia. Proyek ini diinisiasi pada saat kunjungan Perdana Menteri Hongaria, Victor Orbn, ke Indonesia pada 2016.

Pemerintah Hungaria berinvestasi 100 persen dari proyek ini dengan nilai investasi sebesar Rp 4,5 triliun dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan Usaha (KPBU). Investasi dari Pemerintah Hongaria ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang ramah terhadap investasi.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement