Selasa 11 Jul 2023 14:00 WIB

MyRepublic Mulai Sasar UMKM Lewat Literasi Digital

Perdagangan saat ini sudah serba online sehingga pelaku UMKM harus melek digital.

MyRepublic
Foto: myrepublic.co.id
MyRepublic

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Penyedia jasa layanan internet dan TV berlangganan, MyRepublic, mulai menyasar kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk memperluas jaringan bisnis melalui pemberian literasi digital.

"Ibu-ibu (pelaku, Red) UMKM kami kumpulkan di coffee shop. Kami berikan penjelasan, bagaimana dukungan internet membantu bisnisnya," kata Partnership and Marketing Manager MyRepublic Shelly Maryanti, di Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga

Menurut dia, digitalisasi saat ini sudah merambah ke berbagai sektor, termasuk UMKM. Karena kegiatan perdagangan saat ini sudah serba online yang membutuhkan jaringan internet sehingga pelaku UMKM harus melek digital.

Melalui literasi digital, pelaku UMKM diberikan pengetahuan. Misalnya, memilih kapasitas jaringan internet yang harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sesuai skala usaha dan model promosi.

"Kalau untuk TikTok, jualan live jaringan kan harus kencang. Jangan pilih bandwidth yang kecil, minimal 50 Mbps. Kalau sering live streaming, misalnya, ya pilih yang 250 MBps," ujar Shelly lagi.

Literasi untuk kalangan pelaku UMKM, kata dia, terus dilakukan MyRepublic untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam memanfaatkan internet, termasuk juga kepada anak-anak sekolah.

Seiring dengan itu, MyRepublic juga semakin memperluas jaringan di berbagai kabupaten/kota, termasuk Jawa Tengah, dengan membuka cabang baru di Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, Brebes, dan Klaten. Rencananya, peluncuran cabang baru tersebut akan dilakukan pada 23 Juli mendatang, bersamaan dengan tiga wilayah lainnya, yakni Kota Kediri, Kabupaten Purwakarta, dan Kota Mataram, NTB secara serentak.

"Pembukaan cabang baru ada di tujuh wilayah akan kami adakan secara serentak pada 23 Juli di Kota Mataram. Untuk Jawa Tengah ada empat wilayah yakni Kendal, Salatiga, Klaten dan Brebes," kata Shelly.

Kendal dan Salatiga dipilih untuk pembukaan cabang baru, kata dia, karena pangsa pasarnya besar. Apalagi berdekatan dengan Kota Semarang yang memang memiliki potensi pelanggan sangat besar.

Untuk wilayah Kendal dan Salatiga, katadia lagi, masing-masing sudah terdapat 500 pelanggan, dengan titik sambung sudah tersedia masing-masing 5.000 titik, dan akhir tahun akan dirampungkan 10.000 titik sambung. "Secara nasional, kami sudah ada 350 ribu pelanggan. Kalau Kota Semarang sudah ada 17.000 pelanggan dengan 70 ribu titik sambung di Kecamatan Pedurungan, Ngaliyan, Mijen, Banyumanik dan Gajahmungkur," ungkap Shelly.

 

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement