Jumat 07 Jul 2023 12:04 WIB

Bukti Manjurnya Program Peningkatan Kualitas SDM, TASPEN Raih 4 Awards di HCREA 2023

Dirut TASPEN ANS Kosasih meraih penghargaan The Best CEO Focus on HC

Penghargaan Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2023 yang diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine diserahkan langsung oleh Ketua Pelaksana HCREA 2023 Maya Julianti kepada Corporate Secretary TASPEN Mardiyani Pasaribu, Jakarta, Rabu (5/7/2023).
Foto: dok TASPEN
Penghargaan Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2023 yang diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine diserahkan langsung oleh Ketua Pelaksana HCREA 2023 Maya Julianti kepada Corporate Secretary TASPEN Mardiyani Pasaribu, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapabilitas seluruh pegawai (Insan TASPEN) melalui beragam program pengembangan pegawai guna meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh peserta. Atas komitmen tersebut, TASPEN berhasil meraih empat penghargaan dalam ajang Human Capital on Resilience Excellence Award (HCREA) 2023 yang diselenggarakan oleh First Indonesia Magazine. 

Beberapa penghargaan yang diraih, antara lain, The Best Learning Organization 2023, The Best Organization Structure, The Best in Workforce Flexibility & Mobility, dan The Best CEO Focus on HC atas nama Direktur Utama PT TASPEN, A. N. S. Kosasih.

Kegiatan dengan tema “Resilient Human Capital with Global Competitiveness” ini bertujuan untuk mendorong dan memberikan semangat kepada pada para pelaku bisnis untuk mewujudkan inovasi sumber daya manusia (SDM) di tengah transformasi digital serta meningkatkan ketahanan bisnis masa kini. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Ketua Pelaksana HCREA 2023 Maya Julianti kepada Corporate Secretary TASPEN Mardiyani Pasaribu, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Corporate Secretary PT TASPEN Mardiyani Pasaribu mengapresiasi tinggi seluruh Insan TASPEN atas kerja keras dan dedikasi tinggi hingga TASPEN berhasil kembali meraih penghargaan ini. Secara prinsip, TASPEN percaya bahwa pendidikan dan pengembangan SDM yang baik adalah sebuah investasi dan kunci penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang pada perusahaan. 

 

"Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi pemicu semangat bagi TASPEN untuk terus meningkatkan kualitas SDM TASPEN sehingga mampu berkontribusi terhadap bisnis dan layanan TASPEN bagi seluruh peserta dan masyarakat Indonesia."

Proses penilaian dalam ajang penghargaan ini didasarkan atas penilaian yang objektif dan bersifat independen oleh beberapa dewan juri yang kredibel dalam bidangnya. Adapun penilaian seluruh peserta diukur berdasarkan, manajemen kinerja (performance management), sistem informasi SDM (HR informatic system), renumerasi (remuneration), peningkatan keahlian dan kompetensi SDM menghadapi krisis (Improving HR Skills and Competencies in Facing the Crisis), pemodelan kompetensi (competency modelling), perubahan perilaku strategi organisasi (Organizational Strategy Change Behaviour), dan upaya Penyelamatan Membangun Ketahanan Bisnis (Business Survival Efforts to Build Bussiness Resilience).

Ketua Pelaksana HCREA 2023 Maya Julianti mengaku memahami SDM sebagai isu strategis telah dikelola dengan baik oleh beberapa perusahaan terbaik di Indonesia. Atas komitmen dan implementasi dari berbagai pelaku bisnis tersebut, HCREA 2023 hadir untuk memberikan apresiasi serta penghargaan kepada para pelaku bisnis di bidang SDM.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 perusahaan BUMN, BUMD, swasta nasional dan perusahaan multinasional. Seluruh perusahaan dikurasi untuk menentukan 100 perusahaan finalis. Dari 100 perusahaan finalis kemudiankembali dilakukan penilaian yang lebih detail sesuai kriteria dewan juri untuk menentukan 36 perusahaan pemenang penghargaan HCREA 2023. 

Sebelumnya, TASPEN telah meraih tiga penghargaan sekaligus pada ajang HCREA 2022. Beberapa kategori yang dimenangkan antara lain, The Best Excellence in Women Empowerment Strategy, The Best HR Support on Business Transformation dan The Best CEO Focus on HC.

Hingga kini, TASPEN terus berkomitmen untukmengembangkan SDM, antara lain program TEACH, yakni beasiswa khusus bagi Insan TASPEN dan program Corporate Leadership Training (CLT) untuk semua karyawan di seluruh Indonesia. Upaya tersebut dilakukan guna meningkatkan kualitas layanan Insan TASPEN kepada para peserta sehingga dapat berimplikasi positif terhadap kinerja perusahaan dan berkontribusi terhadap kemajuan Indonesia.

Beragam upaya peningkatan kualitas SDM tersebut tentunya sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seluruh perusahaan BUMN, sehingga dapat meningkatkan daya saing secara global dan membawa perubahan yang dapat mengharumkan bangsa. Hingga Juni 2023, TASPEN memiliki lebih dari 1.400Insan TASPEN yang senantiasa melayani 6,7 juta peserta di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement