Kamis 06 Jul 2023 16:10 WIB

Dibuka 18 Agustus Setelah Revitalisasi, Harga Tiket TMII Tetap Rp 25 Ribu

Fasilitas mobil listrik keliling hingga anjungan daerah TMII bisa dinikmati gratis.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nora Azizah
Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan UsahaPT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Hetty Herawati (kiri) dan Direktur Utama PT Bhumi Visatanda Indonesia Claudia Ingkiriwang (kanan) saat meninjau fasilitas di TMII, Jakarta, Kamis (6/7/2023).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan UsahaPT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Hetty Herawati (kiri) dan Direktur Utama PT Bhumi Visatanda Indonesia Claudia Ingkiriwang (kanan) saat meninjau fasilitas di TMII, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan grand opening pasca revitalisasi pada 18 Agustus mendatang. Tarif masuk sebesar Rp 25 ribu tidak mengalami perubahan saat peresmian kembali TMII pada bulan depan. 

Direktur Utama PT Bhumi Visatanda Indonesia Claudia Ingkiriwang mengatakan tarif masuk TMII sangat terjangkau bagi seluruh masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat agar kembali berkunjung ke destinasi wisata yang bersejarah di Indonesia. 

Baca Juga

PT Bhumi Visatanda Indonesia merupakan anak usaha BUMN, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) yang mengelola TMII. Claudia menyebut TMII merupakan destinasi yang inklusif agar bisa dinikmati seluruh kalangan masyarakat. 

"Harga kita tidak boleh naikin. Jadi kita suka bercanda nih 'beli boba lebih mahal daripada keliling Indonesia', belum lagi kalau anak sekolah kalau rombongan kita berikan diskon juga, jadi memang ini terjangkau banget," ujar Claudia saat meninjau fasilitas di TMII, Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Claudia menyampaikan saat ini sejumlah fasilitas di TMII seperti mobil listrik keliling, anjungan daerah, hingga wahana lainnya pun dapat dinikmati secara gratis. Perusahaan, lanjut Claudia, masih melakukan kajian dalam menerapkan biaya untuk fasilitas mobil keliling yang bisa dipesan secara pribadi untuk keluarga atau rombongan. 

"Kadang ada juga yang ingin menyewa mobil keliling untuk satu keluarga agar bisa lebih nyaman. Ini yang sedang kita kaji," ucap Claudia.

Direktur Pemasaran, Pelayanan dan Pengembangan Usaha PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Hetty Herawati mengatakan TMII akan menjadi destinasi wisata yang mengedepankan nilai-nilai edukasi dan budaya yang inklusif. Dengan begitu, TMII akan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. 

"TMII ini untuk semua segmen pasar, dari yang muda hingga yang tua, tidak hanya premium tetapi juga tiketnya terjangkau sehingga semua orang memang bisa masuk. Makanya harganya Rp 25 ribu, tidak berubah," kata Hetty.

TMII yang berdiri sejak 1975 beroperasi setiap hari kerja mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Sedangkan pada akhir pekan, TMII buka satu jam lebih awal dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Tiket masuk TMII dibanderol seharga Rp 25 ribu per orang untuk usia dua tahun ke atas. Sementara bagi anak-anak usia di bawah dua tahun tidak dikenakan biaya masuk atau gratis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement