Kamis 06 Jul 2023 12:55 WIB

Laba Samsung Terendah Karena Kelebihan Chip Terus Berlanjut

Kelebihan chip terus mendorong kerugian besar dalam bisnis Samsung.

Laba kuartal Juni Samsung Electronics diperkirakan akan anjlok 96 persen dalam setahun ke level terendah untuk kuartal mana pun dalam lebih dari 14 tahun.
Foto: AP/Ahn Young-joon
Laba kuartal Juni Samsung Electronics diperkirakan akan anjlok 96 persen dalam setahun ke level terendah untuk kuartal mana pun dalam lebih dari 14 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Laba kuartal Juni Samsung Electronics diperkirakan akan anjlok 96 persen dalam setahun ke level terendah untuk kuartal mana pun dalam lebih dari 14 tahun. Hal itu karena kelebihan chip terus mendorong kerugian besar dalam bisnis raksasa teknologi itu meskipun ada pemotongan pasokan.

Laba operasional untuk pembuat chip memori, smartphone, dan TV terbesar di dunia kemungkinan turun menjadi 555 miliar won (Rp 6,47 triliun) pada kuartal April-Juni, menurut Refinitiv Smart Estimate.

Baca Juga

Jika demikian, itu akan menjadi laba terendah Samsung sejak kuartal IV tahun 2008, ketika Samsung Electronics melaporkan kerugian operasional konsolidasi sekitar 740 miliar won. Ini dibandingkan dengan laba operasi 14,1 triliun won pada kuartal April-Juni tahun lalu.

Ini karena divisi chipnya, yang secara tradisional merupakan penghasil terbesarnya, kemungkinan besar melaporkan kerugian triwulanan sekitar 3 triliun hingga 4 triliun won karena harga chip memori turun lebih jauh dan nilai persediaannya terpangkas.

Harga chip memori DRAM - banyak digunakan di smartphone, PC, dan server - terus merosot pada kuartal ini, turun sekitar 13 persen hingga 18 persen menurut TrendForce, karena pembeli chip menahan diri untuk tidak membeli chip baru dan menghabiskan persediaan.

Namun, penurunan harga melambat dari kuartal sebelumnya karena Samsung Electronics dan rekan-rekan chip memori memangkas pasokan, dan diperkirakan akan mencapai titik terendah sekitar kuartal ketiga, meskipun pemulihan yang substansial mungkin tidak akan terjadi hingga tahun 2024, kata para analis.

Terlepas dari penurunan saat ini, Samsung berupaya meningkatkan pangsa permintaan chip dari bidang kecerdasan buatan (AI) yang meledak, seperti dengan memori bandwidth tinggi (HBM) dan pembuatan kontrak chip, kata mereka.

Bisnis selulernya kemungkinan melaporkan laba operasi sekitar 3,3 triliun won, menurut perkiraan rata-rata dari lima analis, karena upaya untuk memotong biaya pemasaran mengimbangi sedikit penurunan dalam pengiriman smartphone dibandingkan kuartal pertama, ketika Samsung meluncurkan model andalan terbarunya.

Samsung diperkirakan akan mengungkap smartphone lipat terbarunya akhir bulan ini di Seoul, beberapa minggu lebih awal dari biasanya, dilihat oleh analis sebagai upaya untuk mendominasi pasar ponsel premium lebih lama sebelum saingannya Apple merilis iPhone berikutnya.

Raksasa teknologi itu akan mengumumkan hasil pendapatan awal kuartal kedua pada hari Jumat (6/7/2023), sebelum melaporkan pendapatan penuh akhir bulan ini.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement