Selasa 04 Jul 2023 19:08 WIB

Disney Jungle, Stanford University, dan King's College London Bakal Ada di IKN?

OIKN tawarkan Disney hingga Stanford University investasi di IKN.

Tokyo Disneyland di Urayasu, Prefektur Chiba, dekat Tokyo, Jepang. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tawarkan Disney bangun Disney Jungle di IKN.
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Tokyo Disneyland di Urayasu, Prefektur Chiba, dekat Tokyo, Jepang. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tawarkan Disney bangun Disney Jungle di IKN.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengatakan pihaknya telah menawarkan pengelola taman hiburan dunia Disney hingga kampus kenamaan dunia untuk bisa berinvestasi di IKN. King's College London dan Stanford University termasuk yang dijajaki.

"Salah satu rencana dan sudah ada pembicaraan awal dengan Disney, bagaimana menarik Disney ini mau membangun Disney Jungle di sini, karena kan di negara lain ada Disney Land, ada Disney Sea, kami tawarkan bagaimana kalau di sini ada Disney Jungle. Kita doakan supaya itu bisa terwujud," kata Jaka dalam Forum Kapasitas Nasional III 2023 Area Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul), di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga

Jaka menjelaskan sejatinya pembicaraan dengan Disney telah dilakukan sejak 2022 lalu. Namun, ia menyebut proses investasi membutuhkan banyak pertimbangan, sehingga belum bisa membeberkan rencana tersebut secara rinci.

"Nilai investasi itu sangat bergantung dari hasil pendalaman. Mereka lihat harga tanahnya berapa, luasnya perlu berapa, material ambil dari mana saja," kata Jaka.

Menurut Jaka, selain penawaran kepada Disney untuk berinvestasi di IKN, pihaknya juga menarik kampus-kampus besar dunia untuk bisa masuk ke IKN. Menurut dia, masuknya lembaga pendidikan ke ibu kota yang baru akan mendukung pendidikan di wilayah tersebut.

OIKN telah mengundang beberapa universitas ternama untuk mau berinvestasi di Indonesia dengan membuka kampus-kampus, khususnya dengan program unggulan tertentu. Salah satu yang sedang dalam pembicaraan ialah King's College London.

"Itu (PM Inggris) Tony Blair akan bawa. Lalu, Stanford University, itu juga Pak Kepala (OIKN) sendiri yang ke Amerika. Kemungkinan itu (program studi) life science-nya yang akan dibuka," ungkapnya.

Jaka menyebut beberapa kampus juga sudah menyatakan ketertarikan untuk membuka cabang di IKN, termasuk kampus nasional. Salah satu perguruan tinggi nasional yang telah membangun kampusnya adalah Universitas Gunadarma di Penajam Paser Utara (PPU).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement