Selasa 04 Jul 2023 10:43 WIB

Erick: Shell Eco-Marathon Mandalika Ajang Inovasi Kendaraan Hemat Energi

Shell Eco-Marathon Asia kembali diselenggarakan di Sirkuit Pertamina Mandalika

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah peserta mendorong prototipe kendaraannya saat mengikuti sesi latihan Shell Eco Marathon Indonesia.
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Sejumlah peserta mendorong prototipe kendaraannya saat mengikuti sesi latihan Shell Eco Marathon Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan komitmen BUMN dalam mendukung setiap inovasi, termasuk dengan kendaraan yang hemat energi. Erick menilai ajang Shell Eco-Marathon di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), tak hanya positif untuk pengembangan kendaraan hemat energi, melainkan juga memiliki efek berganda dari sisi citra pariwisata Indonesia. 

"Kami di BUMN terus mendorong agar event-event internasional digelar di Sirkuit Mandalika kali ini Shell Eco-Marathon. Shell Eco-Marathon 2023 akan diikuti mahasiswa dari 13 negara, yang akan beradu inovasi dalam pembuatan kendaraan hemat energi," ujar Erick saat rapat mengenai ajang Shell Eco-Marathon di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Shell Eco-Marathon Asia kembali diselenggarakan dengan Indonesia sebagai tuan rumah pada 4-9 Juli 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, NTB. Ajang bergengsi bagi generasi muda untuk mengembangkan ide-ide inovatif untuk kendaraan yang lebih efisien ini akan mempertemukan lebih dari 80 tim dari belasan negara di Kawasan Asia dan Timur Tengah. Tahun ini, lebih dari 50 tim peserta dari berbagai provinsi di Indonesia akan turut berpartisipasi dalam kompetisi mobil hemat energi ini.

Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Jaya Priandhi Satria mengatakan Shell Eco-marathon dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk saling berbagi dan menyampaikan ide serta inovasinya di industri otomotif, terutama untuk kendaraan hemat energi. 

Selain menjadi ajang kompetisi adu inovasi, lanjut Satria, Shell Eco-marathon juga menjadi wadah konektivitas bagi pelajar, pelaku bisnis, akademisi serta pemangku kepentingan yang memiliki minat dalam mengembangkan ide sekaligus menghadirkan inovasi untuk masa depan yang berkelanjutan yang memiliki misi menyatukan gagasan, ide-ide, inovasi anak-anak muda di seluruh dunia untuk menghadirkan solusi untuk mobilitas yang lebih cerdas.

"Kami telah mempersiapkan segalanya secara matang dan optimal untuk dapat memberikan yang terbaik untuk Shell Eco-Marathon Asia 2023," ucap Satria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement