Senin 03 Jul 2023 18:38 WIB

Panasonic Butuh Empat Pabrik Baterai EV Lagi

Panasonic mengincar Amerika Utara sebagai lokasi pembangunan pabrik baterai EV.

Logo Panasonic Corp Jepang terlihat di atas sebuah gedung di Taipei, Taiwan, 28 November 2019. Panasonic menyebut perlu membangun empat pabrik lagi untuk memenuhi kebutuhan baterai EV.
Foto: EPA-EFE/DAVID CHANG
Logo Panasonic Corp Jepang terlihat di atas sebuah gedung di Taipei, Taiwan, 28 November 2019. Panasonic menyebut perlu membangun empat pabrik lagi untuk memenuhi kebutuhan baterai EV.

REPUBLIKA.CO.ID, OSAKA -- Unit baterai perusahaan asal Jepang, Panasonic, perlu membangun empat pabrik lagi untuk mencapai target peningkatan kapasitas baterai tahunan untuk kendaraan listrik pada tahun 2031. Kepala teknologi Panasonic Shoichiro Watanabe menyatakan, ini adalah indikasi pertama yang jelas dari pemasok Tesla tentang jumlah pabrik tambahan yang dibutuhkan.

Mereka juga dapat memicu ekspektasi akan lebih banyak investasi oleh perusahaan Jepang di Amerika Serikat, setelah kesepakatan yang dicapai kedua negara pada bulan Maret sebagai kunci untuk memperluas akses pabrikan Jepang ke kredit pajak kendaraan listrik (EV) AS.

Baca Juga

Pada bulan Mei, Panasonic Energy mengatakan akan meningkatkan kapasitas EV tahunan menjadi 200 gigawatt jam (GWh) pada awal 2031. Jumlah ini sekitar empat kali kapasitasnya pada bulan Maret tahun ini.

Panasonic telah memiliki pabrik di Nevada. Saat ini, perusahaan tersebut sedang membangun pabrik kedua di Kansas yang diperkirakan akan mengambil kapasitas tahunan hingga 80 GWh setelah beroperasi.

"Kami perlu membangun sekitar empat pabrik lagi," kata Watanabe, chief technology officer perusahaan, dalam sebuah wawancara di kantor pusatnya di Osaka pada hari Jumat.

Tapi, dia berhenti menyebutkan lokasi, kerangka waktu, atau ukuran investasi tertentu. Dia mengisyaratkan keterbukaan terhadap potensi usaha patungan untuk produksi baterai EV, antara lain dengan pembuat mobil Mazda Motor, mengutip perubahan sifat proyek tersebut di mana investasi tidak lagi ditanggung oleh pembuat baterai saja.

"Gaya di mana produsen baterai akan melakukan semua investasi menghilang," katanya, seraya menambahkan bahwa kapasitas 200 GWh adalah kebutuhan minimum untuk menjadi pemain utama.

Panasonic mengatakan sedang berfokus ke Amerika Utara untuk membangun kapasitas produksi 4680 baterai, sel terbaru yang diperjuangkan oleh kepala eksekutif Tesla, Elon Musk. Sebelumnya dikatakan direncanakan untuk membangun setidaknya dua pabrik baru untuk produksi 4680 di Amerika Utara pada tahun 2030. Oklahoma telah dilihat sebagai lokasi yang memungkinkan.

Empat pabrik baru perlu didukung oleh sekitar selusin pabrik pemasok bahan, kata Watanabe, dalam rantai pasokan baterai yang dibangun berdasarkan prinsip "produksi lokal untuk konsumsi lokal". Pengadaan bersama dengan pelanggan utama juga dapat dipertimbangkan, katanya, dengan mempertimbangkan keringanan pajak berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi (IRA) AS dan kebutuhan untuk membatasi jejak karbon.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement