Sabtu 01 Jul 2023 11:59 WIB

Merdeka Battery Optimistis Kinerja Positif Didukung Pengoperasian Smelter

Smelter diharapkan berproduksi usai pembangunan rampung pada akhir 2023.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Ilustrasi smelter. PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) optimistis pada 2023 kinerja akan bertumbuh positif.
Foto: ANTARA/Jojon
Ilustrasi smelter. PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) optimistis pada 2023 kinerja akan bertumbuh positif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Merdeka Battery Materials Tbk (MBMA) optimistis pada 2023 kinerja akan bertumbuh positif. Peningkatan pendapatan diproyeksikan akan berasal dari beroperasinya pabrik smelter Rotary Kiln Electric Furnace (RKEF) ZHN yang memiliki target kapasitas terpasang 50 ribu ton Ni dalam bentuk Nickel Pig Iron (NPI) per tahun, proyek AIM dan PT Huaneng Metal Industry (HNMI), fasilitas konversi high-grade nickel matte (HGNM).

Smelter RKEF ZHN dan proyek AIM diharapkan akan berproduksi setelah proses pembangunannya rampung pada pertengahan kedua 2023. "Adapun HNMI akan menghasilkan HGNM yang mengandung lebih dari 70 persen nikel dengan memproses low-grade nickel matte yang di produksi smelter RKEF," kata Presiden Direktur MBMA, Devin Ridwan saat konferensi pers Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Jumat (30/6/2023). 

Baca Juga

Nikel matte merupakan bahan baku utama untuk prekursor baterai dan Nikel Kelas 1. HNMI saat ini telah beroperasi komersial dan diharapkan akan mulai memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan MBMA di semester kedua tahun 2023. 

Pada 2022, sumber pendapatan utama MBMA berasal dari penjualan NPI ke pasar luar negeri serta domestik, masing-masing sebesar 270,33 juta dolar AS dan 185,4 juta juta dolar AS Produksi NPI tersebut berasal dari smelter RKEF milik PT Cahaya Smelter Indonesia dan PT Bukit Smelter Indonesia yang masing-masing memiliki kapasitas terpasang 19.000 ton Ni dalam bentuk NPI per tahun.

Dengan beroperasinya smelter RKEF ZHN, maka total kapasitas terpasang yang dimiliki MBMA akan mencapai 88.000 ton Ni per tahun. Akuisisi atas proyek ekspansi hilir dan proses pembangunan smelter RKEF baru yang sudah berjalan akan meningkatkan potensi pendapatan MBMA tahun ini.

"Dengan dukungan cadangan bahan baku nikel yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia, MBMA akan terus fokus untuk mengoptimalkan setiap peluang dalam bisnis hilirisasi dan rantai nilai baterai kendaraan bermotor listrik yang juga menjadi komitmen Pemerintah Indonesia," tutup Devin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement