Kamis 22 Jun 2023 11:32 WIB

Ekonom Prediksi BI Pertahankan Suku Bunga 5,75 Persen

Bank Indonesia diprediksi mempertahankan suku bunga acuannya.

Rep: Novita Intan/ Red: Ahmad Fikri Noor
Logo Bank Indonesia.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Logo Bank Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bank Indonesia diprediksi mempertahankan suku bunga acuan sebesar 5,75 persen. Hal ini untuk menjangkar ekspektasi inflasi ke target plus minus tiga persen.

Ekonom Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI Teuku Riefky mengatakan ketetapan suku bunga acuan Bank Indonesia juga untuk menjaga stabilitas inflasi dan nilai tukar rupiah.

Baca Juga

"Kami melihat bahwa BI harus tetap mempertahankan suku bunga kebijakannya 5,75 persen pada saat ini," ujarnya ketika dihubungi wartawan, Kamis (22/6/2023).

Riefky menjelaskan, tingkat inflasi turun ke kisaran atas target Bank Indonesia dengan inflasi inti yang masih terkendali. Di tengah penurunan harga komoditas yang didorong oleh penurunan permintaan global, neraca perdagangan masih membukukan surplus meskipun tidak terlalu tinggi dengan kinerja impor yang cukup baik.

 

Hal tersebut mencerminkan perbaikan ekonomi domestik yang terus berlanjut di tengah risiko perlambatan global. Secara eksternal, penghentian sementara kenaikan suku bunga kebijakan oleh The Fed membawa angin segar bagi Indonesia untuk menikmati arus modal portofolio masuk sehingga menguatkan rupiah kisaran Rp 14.800—Rp 14.900.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement