Kamis 22 Jun 2023 07:57 WIB

Erick: Pertamina Harus Berani Bersaing dengan Perusahaan Energi Global

Erick meminta Pertamina memperkuat efisiensi dan operasional perusahaan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: dok Pertamina
Menteri BUMN Erick Thohir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi capaian Pertamina sepanjang 2022 melalui penerapan transformasi bisnis sekaligus sinergi yang kuat sehingga bisa mencetak kinerja terbaik sepanjang sejarah. Ke depan, seiring peningkatan kinerja keuangan, Erick meminta Pertamina memperkuat standardisasi efisiensi dan operasional perusahaan untuk memperkuat bisnisnya. 

"Jangan berpuas diri, harus berani benchmarking dengan perusahaan energi global lainnya," ujar Erick dalam pembukaan Pertamina Akhlak Festival di Lapangan Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Baca Juga

Erick menyampaikan pendapatan dan profit yang sudah baik harus juga diikuti standarisasi perusahaan yang setara dengan perusahaan global. Salah satunya melalui implementasi budaya Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif (Akhlak) sebagai karakter yang menguatkan kinerja pekerja Pertamina secara berkelanjutan. 

Tahun ini, Erick menambahkan, Pertamina dan BUMN lainnya secara konsolidasi telah berkontribusi dividen sebesar Rp 80,2 triliun kepada masyarakat Indonesia. Dividen tersebut berasal dari laba sebesar Rp 303,7 triliun. 

"Dividen tersebut merupakan kontribusi terbesar sepanjang sejarah. Tantangan ke depan tentu kita harus punya target yang sama, sehingga kontribusi kita ke negara dapat meningkat. Kemudian, dividen tersebut dapat digunakan pemerintah dalam berbagai program-program prorakyat seperti bantuan sosial, sekolah gratis, dan lain-lain," kata Erick.

Senada dengan hal itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Pertamina akan menjadikan momentum saat ini untuk bekerja lebih agresif. 

"Kita yakin Pertamina sudah on the right track. Kita akan lanjutkan dengan speed yang lebih cepat lagi dan merata di seluruh pekerja Pertamina di seluruh Indonesia," ujar Nicke. 

Pertamina Akhlak Festival 2023 merupakan upaya peningkatan komitmen internal atas budaya kerja di lingkungan Pertamina Group, sekaligus memperingati perjalanan tiga tahun transformasi organisasi yang berlangsung sejak 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement