Kamis 22 Jun 2023 07:24 WIB

Subholding Pelindo Mulai Transformasi Pelabuhan Tanjung Wangi

Pelindo Multi Terminal mentransformasi Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi pelabuhan PT Pelindo Multi Terminal (SPMT).
Foto: Dok Pelindo
Ilustrasi pelabuhan PT Pelindo Multi Terminal (SPMT).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) mulai melakukan transformasi Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi. Hal tersebut dilakukan dengan memberlakukan Pelindo Terminal Operation System-Multipurpose atau go-live system PTOS-M di SPMT Branch Tanjung Wangi pada Rabu (21/6/2023).

Go-live PTOS-M ini merupakan wujud implementasi dari inisiatif strategis Pelindo Group dalam transfirmasi dan standarisasi operasi pelabuhan yang berpegang pada enam pilar transformasi yakni Proses Bisnis, Teknologi, Peralatan, SDM, Infrastruktur, dan HSSE,” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (21/3/2023).

Baca Juga

Dia menerangkan, peralihan sistem go-live PTOS-M yang menjadi bagian dari standardisasi operasional SPMT untuk meningkatkan kualitas layanan bagi para pengguna jasa di Cabang Tanjung Wangi yang mulai dioperasikan pada pukul 10.00 WIB. Hal itu juga bertepatan dengan pelayanan perdana kapal Oceanic 5 dengan muatan komoditas klinker sejumlah 7.500 ton.

Fiona menjelaskan, go-live PTOS-M tersebut dimulai secara simbolis dengan kegiatan apel yang diikuti seluruh tim operasional SPMT Cabang Tanjung Wangi pada pukul 07.00 WIB. Pada kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penanaman 30 batang pohon trembesi di area pelabuhan Tanjung Wangi bersama stakeholders kepelabuhanan yang dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada anak yatim serta doa bersama demi kelancaran operasional.

"Transformasi SPMT Branch Terminal Tanjung Wangi merupakan sebuah upaya untuk menghadirkan layanan operasional yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa," ungkap Fiona.

Sebelum transformasi di Cabang Tanjung Wangi, sebelumnya juga telah dilakukan transformasi di Cabang Jamrud Nilam Mirah, Surabaya. Selanjutnya, SPMT juga melakukan transformasi operasional di terminal-terminal lain yang dikelolanya di seluruh Indonesia.

"Hal ini agar tercipta standardisasi layanan operasional multipurpose untuk mendukung kinerja Pelindo Multi Terminal untuk konektivitas Indonesia sesuai dengan visi SPMT yaitu Indonesia’s Connectivity Champion," ungkap Fiona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement