Rabu 21 Jun 2023 13:24 WIB

Cina Perkenalkan Keringanan Pajak untuk Mobil Ramah Lingkungan

Paket insentif diberikan selama empat tahun untuk menopang permintaan yang rendah.

Cina meluncurkan paket 520 miliar yuan untuk insetif kendaraan ramah lingkungan.
Foto: EPA-EFE/STEPHANIE LECOCQ
Cina meluncurkan paket 520 miliar yuan untuk insetif kendaraan ramah lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- China pada Rabu (21/6/2023) meluncurkan paket 520 miliar yuan (72,3 miliar dolar AS) untuk meningkatkan penjualan kendaraan listrik (EV) dan mobil ramah lingkungan lainnya. Paket insentif akan diberikan selama empat tahun ke depan untuk menopang permintaan mobil yang melemah.

Pernyataan pemerintah ini mengirim saham pembuat mobil tajam lebih tinggi. Paket ini dibuat karena pelemahan penjualan di pasar mobil terbesar dunia. Ini telah menimbulkan kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi yang kehilangan momentum setelah awal tahun yang cepat.

Baca Juga

"Kendaraan energi baru (NEV) yang dibeli pada tahun 2024 dan 2025 akan dibebaskan dari pajak pembelian sebesar 30.000 yuan per kendaraan, dengan pembebasan setengahnya untuk pembelian yang dilakukan pada tahun 2026 dan 2027," kata Kementerian Keuangan dalam sebuah pernyataan.

Total keringanan pajak akan berjumlah 520 miliar yuan, kata Wakil Menteri Keuangan Xu Hongcai pada konferensi pers.

Langkah ini merupakan perpanjangan dari kebijakan saat ini di mana NEV, yang mencakup kendaraan listrik semua baterai (EV), hibrida bensin-listrik plug-in, dan kendaraan sel bahan bakar hidrogen, dibebaskan dari pajak pembelian hingga akhir 2023.

"Perpanjangan empat tahun lagi mengalahkan ekspektasi pasar," kata Cui Dongshu, sekretaris jenderal Asosiasi Mobil Penumpang China, menambahkan perpanjangan pembebasan yang mahal menunjukkan langkah-langkah stimulus tambahan tidak mungkin dilakukan.

Saham mobil China menguat setelah pengumuman tersebut, dengan pembuat EV NIO dan Xpeng masing-masing naik 6,1 persen dan 5,5 persen, dibandingkan penurunan 2,4 persen pada indeks acuan Hong Kong (.HSI). Li Auto juga melonjak 3,5 persen.

Pengumuman tersebut menyusul pertemuan Kabinet 2 Juni di mana pihak berwenang mengatakan mereka akan memperluas dan mengoptimalkan pembebasan pajak dan mempelajari kebijakan untuk mempromosikan pengembangan NEV.

Insentif tersebut menempatkan NEV, andalan belanja besar-besaran, di depan pembakar dari dorongan berbasis luas untuk menyalakan kembali pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Pemerintah gencar mempromosikan NEV dalam beberapa tahun terakhir untuk mengekang polusi udara, melalui insentif yang mendukung munculnya pemain lokal seperti Li Auto, NIO, dan BYD.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement