Selasa 20 Jun 2023 11:26 WIB

Bank Mandiri Genjot Pembiayaan untuk Kendaraan Listrik

Bank Mandiri sudah menyalurkan kredit pembelian kendaraan listrik senilai Rp 143 M.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Gita Amanda
Karyawan beraktivitas di dekat logo Livin by Mandiri, (ilustrasi). Bank Mandiri menggenjot penyaluran kredit untuk kendaraan listrik melalui aplikasi Livin'.
Foto: Prayogi/Republika.
Karyawan beraktivitas di dekat logo Livin by Mandiri, (ilustrasi). Bank Mandiri menggenjot penyaluran kredit untuk kendaraan listrik melalui aplikasi Livin'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri menggenjot penyaluran kredit untuk kendaraan listrik melalui aplikasi Livin by Mandiri. Hingga Maret 2023, Bank Mandiri sudah menyalurkan kredit untuk pembelian kendaraan listrik senilai Rp 143 miliar. 

Direktur Jaringan & Retail Banking Aquarius Rudianto mengatakan penyaluran ini sebagai komitmen Bank Mandiri menjalankan bisnis secara berkelanjutan. Komitmen ini juga selaras dengan agenda transisi energi di Indonesia 

Baca Juga

"Pembiayaan berkelanjutan ini juga merupakan salah satu bagian dari komitmen Bank Mandiri untuk menjadi Indonesia's Sustainability Champion for Better Future," kata Aquarius dalam siaran pers, Selasa (20/6/2023). 

Konsistensi tersebut kembali diwujudkan Bank Mandiri bersama perusahaan anak, Mandiri Utama Finance (MUF) dan Mandiri Tunas Finance (MTF) melalui program Electric Vehicle (EV) Mandiri ESG Festival yang digelar pada 8 Juni-8 Agustus 2023. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk memiliki kendaraan listrik.

 

Pada program ini, nasabah Bank Mandiri bisa mendapatkan berbagai promo menarik saat membeli mobil maupun motor listrik melalui fitur Livin’ Sukha pada aplikasi Livin’ by Mandiri dan Kopra by Mandiri. Promo berlaku untuk pembelian mobil listrik merek Wuling, BMW dan Lexus, serta untuk motor listrik merek Gesits dan Volta. 

“Kami melihat tren pembiayaan berkelanjutan dan ramah lingkungan akan terus meningkat seiring dengan adanya komitmen global dalam mengurangi emisi karbon,” ujar Aquarius. 

Untuk itu, tambahnya, program EV Mandiri ESG Festival menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi nasabah perseroan dalam kepemilikan kendaraan listrik. Fasilitas ini juga selaras dengan kerangka ESG, yakni pengelolaan dampak lingkungan atau environment impact.

Di Mandiri Utama Finance, Promo pembelian mobil listrik yang ditawarkan berupa bunga mulai 2,99 persen, uang muka atau down payment (DP) mulai 25 persen, dan provisi nol persen. Selain itu, lima pembeli pertama dengan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) mobil listrik saat program berlangsung sesuai dengan ketentuan MUF, hanya dikenai biaya Admin Rp 1.

Selanjutnya, 10 pembeli pertama dengan SPK untuk maksimal pencairan aplikasi tanggal 31 Agustus 2023 bakal meraih bonus e-voucher senilai Rp 500 ribu. “Bahkan, kami juga menyiapkan tambahan benefit berupa perlindungan Personal Accident (PA) senilai Rp 20 juta, yaitu asuransi perlindungan atas risiko kematian, cacat tetap, biaya perawatan atau pengobatan akibat kecelakaan,” ujar Aquarius.

Sementara promo untuk motor listrik, yaitu DP mulai 10 persen, bonus e-voucher Rp 200 ribu untuk 20 nasabah pertama yang berhasil membukukan SPK dengan maksimal pencairan aplikasi tanggal 31 Agustus 2023. Nasabah tersebut juga berhak memperoleh benefit perlindungan PA senilai Rp 10 juta.

Sedangkan program promo di Mandiri Tunas Finance menawarkan bunga flat berjenjang mulai 2,9 persen untuk masa pembiayaan satu tahun, biaya admin Rp 1 untuk nasabah Bank Mandiri, bebas biaya provisi serta bonus e-voucher Rp 500 ribu. Program dari MTF ini berlaku untuk merek BMW, Hyundai, Lexus, Mercedes Benz, Nissan, Suzuki, Toyota dan Wuling Motors.

Terkait penyaluran kredit kendaraan listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan, Bank Mandiri terus mendukung program promo dari perusahaan anak agar bisa mendukung pemerintah dalam menciptakan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. 

Sebelumnya, Bank Mandiri juga sudah berkolaborasi dengan Volta, anggota grup PT M Cash integrasi Tbk dalam memberikan kemudahan nasabah untuk pembelian produk motor listrik Volta melalui pembiayaan kredit ringan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement