Selasa 20 Jun 2023 11:15 WIB

Apa Saja yang Dilakukan AS dan Eropa demi Mencegah Serbuan Mobil Listrik China?

Di atas kertas mobil listrik China sangat kompetitif dibandingkan AS dan Eropa.

Mobil listrik Nio buatan China.
Foto: www.wikimedia.com
Mobil listrik Nio buatan China.

REPUBLIKA.CO.ID,Pembuat mobil China akan menguji proteksionisme Barat. Kerja cerdas itu diawali dengan memproduksi mobil listrik (EV)  yang dipimpin oleh BYD. BYD dan produsen otomotif China lainnya membangun supremasi mereka di dalam negeri melawan merek global seperti Tesla dan Volkswagen berkat rantai pasokan yang efisien. 

Setelah berhasil menguasai pasar di China, keinginan mereka untuk melaju lebih jauh ke luar negeri termasuk ke Eropa menjadi sebuah kebutuhan. Tetapi meningkatnya sentimen anti-China akan membuat perjalanan menjadi sulit.

Baca Juga

Ini tonggak sejarah yang besar. Dalam dua bulan terakhir tahun 2022, pembeli China membeli lebih banyak merek lokal daripada merek multinasional.  Prestasi itu, menurut pendiri Automobility, konsultan yang berbasis di Shanghai, Bill Russo, merupakan yang pertama kalinya sejak negara itu membuka diri untuk pembuat mobil menyusul masuknya China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada pergantian abad.  Kendaraan listrik mendorong perubahan itu. Mereka menyumbang sekitar sepertiga dari total penjualan China.

Namun subsidi resmi yang murah hati dari pemerintah China telah mengering, perang harga berkecamuk dan sentimen konsumen dalam ekonomi 18 triliun dolar AS itu melemah. Meski demikian, secara keseluruhan, Badan Energi Internasional mengharapkan pendaftaran mobil bertenaga baterai di China akan meningkat 30 persen tahun ini. Tahun lalu, penjualan kendaraan energi baru di negara tersebut hampir dua kali lipat. Perlambatan terjadi sebelum banyak pembuat mobil lokal berada pada pijakan keuangan yang pasti.

Contohnya Nio,  perusahaan senilai 16 miliar dolar AS  ini menjual mobil seperlima lebih banyak pada kuartal yang berakhir Maret dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022. Tetapi masalahnya pendapatan mereka tetap datar dan tidak mengalami kenaikan. 

Kerugian bersihnya meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi sekitar 700 juta dolar AS dan kasnya sebesar 5,5 miliar dolar AS turun sekitar sepertiga. Nio dan rekan-rekan mengetuk pasar ekuitas dari Hong Kong ke New York tetapi valuasi yang jatuh membuat rute yang sulit untuk terus mengikuti pendanaan. Tetapi menemukan pelanggan di tempat lain adalah perbaikan yang jelas.

photo
Deretan mobil menunggu dimuat ke kapal untuk diekspor di Pelabuhan Yantai di Provinsi Shangdong, China timur, pada 9 Mei 2023. - (Xinhua)

 

China telah menjual banyak mobil ke luar negeri: melonjaknya minat global terhadap kendaraan listrik menjadikannya eksportir terbesar di dunia setelah Jepang, menurut Global Times. Meskipun kendaraan dari pabrik raksasa di Shanghai milik Tesla menyumbang hampir sepersepuluh dari sekitar tiga juta mobil yang diekspor tahun lalu, namun sepuluh marek lainnya berasal dari China.

Beberapa kemenangan mudah di luar negeri diraih produsen China. Penjualan ke pasar negara berkembang, termasuk inisiatif Belt and Road yang telah dipinjamkan Beijing ratusan miliar dolar AS, mencapai hampir setengah dari angka dalam empat bulan pertama tahun ini menurut media pemerintah. 

Pasar Cina juga meningkat di mana rekan-rekan Barat mundur. Pada kuartal pertama tahun 2023, orang Rusia membeli lebih banyak mobil China daripada Lada, merek era Soviet yang disukai. Geely terus menjual mereknya di sana, seperti halnya Great Wall Motor dan Chery. Tapi penguasaan pasar ke tujuan negara yang lebih kaya seperti Eropa adalah hadiah yang sebenarnya.

Pintu bahaya

Di atas kertas, perusahaan China cukup kompetitif untuk menang ke mana pun mereka ingin pergi. Salah satu alasannya adalah skala ekonomi yang luas dalam rantai pasokan. Pembuat baterai Contemporary Amperex Technology  (CATL) dan BYD, yang membuat sel daya baik untuk kendaraan mereknya sendiri maupun untuk pihak ketiga, menyumbang sekitar setengah dari produksi baterai global.

Itu membantu pabrikan China menghasilkan kendaraan listrik dengan harga sekitar 10.000 euro lebih murah dari pesaing Eropa, menurut Grant Thornton. Sebuah mobil BYD dengan harga 38.000 euro di Eropa adalah penawaran yang sagat menarik menurut Bernstein, meskipun batas atas itu mencakup pajak impor 10 persen, pajak penjualan hingga 25 persen, ditambah biaya iklan dan distribusi. 

photo
Anggota pers dan masyarakat umum melihat SUV listrik Atto 3 buatan produsen mobil China BYD, di pameran dagang kendaraan listrik Fully Charged Live di Farnborough, Inggris, 28 April 2023. - (Reuters)

 

Menurut catatan Bernstein, BYD kadang-kadang dapat mengenakan biaya dua kali lebih tinggi di Eropa daripada di dalam negeri untuk Atto 3, kendaraan sport kecil. Sementara harga di benua itu telah meningkat, rata-rata model listrik di Republik Rakyat Cina harganya setengahnya pada tahun 2022 dibandingkan pada tahun 2015, menurut JATO, sebuah perusahaan riset yang berbasis di London.

Merek-merek baru seperti Funky Cat dari Great Wall Motor dan Zeekr dari Geely juga mengatasi kekhawatiran akan kualitas produk “Made-in-China”. Hari-hari ini pembuat mobil Cina secara teratur mendapatkan ulasan bintang lima dalam Program Penilaian Mobil Baru Eropa yang mengharuskan mobil memiliki fitur keselamatan di luar persyaratan hukum. Mereka sering membanggakan perangkat lunak canggih dan sistem infotainment yang rumit juga. Namun politisi ingin memprioritaskan model buatan lokal.

Menurut Politico, di antara daftar kebijakan yang tidak disukai, unit pertahanan perdagangan Komisi Eropa sedang mempertimbangkan cara untuk membendung gelombang impor kendaraan listrik China.

Di Amerika Serikat, Undang-Undang Pengurangan Inflasi memberikan kredit pajak untuk mobil yang komponen baterainya diproduksi atau dirakit di Amerika Utara. Di Prancis, di mana sekitar 40 persen insentif pembelian mobil listrik dibayarkan untuk kendaraan buatan China pada kuartal pertama, Presiden Emmanuel Macron berencana memberi penghargaan kepada pembeli model buatan Eropa.

Mungkin saja orang Cina dapat maju dengan mendirikan pabrik di tempat yang ingin mereka jual dan dengan menjalin kemitraan strategis. Pembuat baterai China menginvestasikan lebih dari 12 miliar euro untuk berekspansi di Eropa tahun lalu, misalnya. 

Di Amerika Serikat, Ford Motor dengan jelas melihat manfaat mengizinkan China masuk dan ingin bermitra dengan CATL untuk mendirikan pabrik. Negara-negara di luar Barat mungkin, seperti Thailand, menerima bahwa investasi China dapat secara positif meningkatkan industri mobil bersih mereka sendiri. Di Eropa, produsen lokal juga dapat menyamakan biaya operasi  sampai tingkat tertentu karena perusahaan China akan kehilangan beberapa nilai lebih mereka seperti biaya tenaga kerja yang lebih rendah.

Tetapi mengatasi proteksionisme yang meningkat akan lebih sulit daripada di masa lalu. Ketika pembuat mobil Jepang yang berkeliling dunia seperti Toyota Motor  dan Nissan Motor  mendapatkan popularitas di Barat pada 1980-an dan 1990-an, Amerika Serikat dan Eropa memperkenalkan skema untuk membatasi impor. Orang Jepang menanggapi dengan membangun pabrik produksi mereka sendiri di wilayah tersebut dan hari ini mereka sangat terkenal di seluruh dunia.

Sekarang produsen mobil Asia baru ingin mengklaim tempat mereka di panggung global saat ketegangan geopolitik meningkat. Seberapa jauh pembuat mobil China dapat membuat terobosan lebih jauh ke Barat akan ditentukan lebih dari sekadar penilaian kompetensi mereka.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement