Sabtu 17 Jun 2023 11:20 WIB

KSP Optimistis LRT Jabodebek Siap Soft Launching Pertengahan Juli 2023

Rangkaian LRT ditujukan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jabodebek.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Rangkaian kereta LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rangkaian kereta LRT Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) melintas di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kantor Staf Presiden (KSP) optimistis, pengoperasian Proyek Strategis Nasional (PSN) LRT Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) akan soft lauching pada 12 Juli 2023. Saat ini, progres prasarana LRT Jabodebek tahap satu sudah mencapai 99,37 persen dan sedang proses trial run.

"Dalam kesempatan ini, KSP ingin memastikan kesiapan aksesibilitas moda transportasi penunjang lain atau angkutan feeder maupun jalan akses pada setiap stasiun LRT di DKI Jakarta, Kota Depok, dan Kota Bekasi," kata Tenaga Ahli Utama KSP, Helson Siagian saat membuka Rapat Kesiapan Pengoperasian LRT Jabodebek, dikutip dari siaran pers KSP pada Sabtu (17/6/2023).

Adanya LRT ditujukan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Jabodebek akibat dominasi penggunaan kendaraan pribadi. Di saat yang bersamaan, pembangunan LRT memiliki spirit untuk mendorong masyarakat beralih ke transportasi publik yang sudah terintegrasi. "Seluruh stasiun harus memiliki akses ke angkutan umum lain," kata Helson.

Dia menambahkan, selain kesiapan aksesibilitas, masih ditemukan kendala terkait pemanfaatan aset barang milik negara dan barang milik daerah yang perlu dicarikan solusinya. Karena itu, KSP menjembatani penyelesaian tersebut sehingga menghasilkan beberapa kesepakatan antara para pihak terkait.

Pada kesempatan yang sama, PPK Pengembangan Prasarana Transportasi Perkotaan/Urban Transport, Ferdian Suryo Adhi Pramono menyampaikan tidak ada kendala teknis berarti dalam pengerjaan dan saat ini sedang dalam proses trial run. Karena itu, LRT Jabodebek diproyeksikan beroperasi pada 18 Agustus 2023.

Proyek LRT Jabodebek merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai Permenko Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 yang memiliki 18 titik stasiun pemberhentian di tiga lintas pelayanan, yaitu Cawang-Bekasi, Cawang-Cibubur, dan Cawang-Dukuh Atas.

Dengan beroperasinya LRT Jabodebek diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif moda transportasi untuk penumpang yang menghubungkan Kota Bekasi, Kota Depok, dan DKI Jakarta. Layanan LRT Jabodebek dijadwalkan akan melakukan operasi terbatas dimulai pada 12 Juli 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement