Sabtu 17 Jun 2023 06:28 WIB

BRI Bogor Mayoritas Salurkan Dana untuk UMKM

Dari 100 ribu debitur BRI Bogor, 57 ribu debitur merupakan penerima KUR.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Suasana kantor Bank BUMN yaitu Bank BRI, Bank BNI dan Bank Mandiri di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Foto: Republika/Prayogi
Suasana kantor Bank BUMN yaitu Bank BRI, Bank BNI dan Bank Mandiri di Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pimpinan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI Kantor Cabang Bogor Dewi Sartika Surlistanta mengatakan, penyaluran dana yang dihimpun mayoritas diberikan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sasaran itu sesuai dengan tugas bank dalam menghimpun dana dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat.

Total jumlah debitur atau nasabah peminjam di BRI Kantor Cabang Bogor Dewi Sartika per Mei 2023 sebanyak 108.673 orang, dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebanyak 57.785 debitur. Sedangkan penyaluran lainnya termasuk Kupedes 47.627, KUPRA 4.406, dan BRIGuna 2.855.

Baca Juga

Sedangkan penyaluran kredit KUR Mikro per periode yang sama sudah mencapai lebih dari Rp153 miliar. Jumlah tersebut telah mencapai sepertiga target akhir tahun dengan nominal penyaluran mencapai Rp485 miliar.

Sedangkan untuk nasabah simpanan di kantor cabang tersebut telah mencapai lebih dari 1.5 juta orang. "Tugas bank itu menghimpun dana masyarakat dan tentunya harus disalurkan kembali ke masyarakat dengan disalurkannya ke UMKM," ujar Surlistanta.

Untuk terus menambah dana yang dihimpun dari simpanan nasabah, Surlistanta mengatakan, salah satu cara dengan mengadakan acara Pesta Rakyat Simpedes. Acara yang memberikan beragam hadiah kepada nasabah simpanan itu biasa dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun.

"Acara ini diselenggarakan sebetulnya untuk tambah semangat masyarakat menempatkan dananya di BRI. Semakin banyak banyak dana yang ditempatkan di BRI, maka akan semakin leluasa melakukan pemberian ke UMKM," kata Surlistanta.

Menurut Surlistanta, masyarakat sebenarnya melakukan kegiatan saling membantu dengan melakukan penyimpanan di BRI. Dana tersebut nantinya akan dikembalikan kepada masyarakat lain yang ingin mengembangkan usahanya.

"Ini membantu UMKM yang awalnya skala mikro bisa naik kelas ke kecil maupun menengah, dan di Bogor sangat banyak yang seperti ini," ujar pemimpin BRI Kantor Cabang Bogor Dewi Sartika itu. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement