Rabu 14 Jun 2023 16:45 WIB

PLN Kirim Mesin PLTD ke Wilayah 3T di Maluku

PLN menghadapi kendala dalam proses pengiriman mesin PLTD, akibat air laut yang surut

PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan pengiriman mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sebesar 100 kw dari Saumlaki ke Pulau Matakus.
Foto: portal.pln.co.id
PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan pengiriman mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sebesar 100 kw dari Saumlaki ke Pulau Matakus.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- PT PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melakukan pengiriman mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) sebesar 100 kw dari Saumlaki ke Pulau Matakus di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula, menyebut pengiriman mesin PLTD merupakan upaya PLN untuk menyediakan akses listrik yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terpencil, tertinggal) di Provinsi Maluku.

Baca Juga

"Pekerjaan pengiriman mesin ini merupakan upaya PLN untuk mewujudkan pemerataan listrik di seluruh Indonesia dan mencapai rasio elektrifikasi 100 persen," katanya di Ambon, Rabu (14/6/2023).

Ia mengatakan, PLN menghadapi kendala dalam proses pengiriman mesin PLTD, akibat air laut yang surut membuat kapal tidak dapat mendekat ke pantai, tetapi petugas berhasil menurunkan PLTD dalam kondisi baik.

Dengan pengiriman mesin PLTD katanya, Pulau Matakus akan segera menyala dengan cahaya listrik yang menyambut kemajuan dan perubahan yang akan datang. "Selama ini masyarakat di Pulau Matakus belum dapat menikmati manfaat listrik yang menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari dengan kehadiran PLTD maka Pulau Matakus akan mengalami transformasi signifikan," ujarnya.

Ia mengakui, hadirnya listrik di Pulau Matakus diharapkan akan terjadi perubahan positif dalam kehidupan masyarakat, yakni akses pendidikan, layanan kesehatan, dan teknologi akan menjadi lebih mudah. Selain itu, aktivitas perekonomian dan kesempatan kerja di pulau tersebut juga akan meningkat, memberikan dampak yang positif bagi masyarakat setempat.

Manager PLN UP3 Saumlaki Hengky Purbo Lesmono menyatakan, PLN akan melaksanakan uji coba operasi untuk memastikan bahwa PLTD beroperasi dengan baik dan dapat memberikan pasokan listrik yang stabil ke Desa Matakus.

"Kami berharap proses uji coba ini akan berjalan lancar dan hasilnya memuaskan sehingga Desa Matakus dapat menikmati manfaat listrik yang berkelanjutan," katanya.

PLN sebagai perusahaan energi nasional juga mendukung program pemerintah untuk mewujudkan pemerataan listrik di seluruh Indonesia. Dalam upaya mencapai rasio elektrifikasi 100 persen, PLN terus melakukan berbagai inisiatif dan upaya keras untuk menyediakan akses listrik yang lebih luas, terutama bagi daerah 3T maupun sulit dijangkau.

PLN berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mewujudkan akses listrik yang merata di seluruh Indonesia, melalui pekerjaan seperti pengiriman PLTD. "Kami berharap dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, sehingga Indonesia dapat mewujudkan visi menuju negara yang sejahtera dan terhubung melalui energi listrik," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement