Rabu 14 Jun 2023 15:18 WIB

BI Raih Penghargaan Regulator Makroekonomi Terbaik di Asia Pasifik

Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh The Asian Banker.

Petugas polisi berjaga di dekat tempat utama Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 14 Juli 2022. Bali menjadi tuan rumah Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 selama dua hari dari 15 hingga 16 Juli 2022 .
Foto: EPA-EFE/SONNY TUMBELAKA
Petugas polisi berjaga di dekat tempat utama Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 14 Juli 2022. Bali menjadi tuan rumah Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 selama dua hari dari 15 hingga 16 Juli 2022 .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) kembali meraih penghargaan regulator terbaik di Asia Pasifik 2023 (The Best Macroeconomic Regulator in Asia Pacific) dari The Asian Bankers, majalah ekonomi di Asia, setelah sebelumnya diperoleh pada tahun 2020.

Dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (14/6/2023), Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan apresiasi atas penghargaan ini dan memandang penghargaan sebagai bentuk pengakuan dunia internasional terhadap terjaganya kinerja ekonomi Indonesia.

Penghargaan tersebut juga menjadi pengakuan dunia atas kuatnya sinergi bauran kebijakan BI dan bauran kebijakan ekonomi nasional dalam memperkuat ketahanan, mempercepat pemulihan, serta mendorong kebangkitan ekonomi nasional.

Penghargaan tersebut disampaikan pada acara Leadership Achievement Awards Ceremony di Bangkok, Thailand, Selasa (13/6). Penghargaan ini merupakan penghargaan keempat dari The Asian Banker kepada Bank Indonesia berturut-turut sejak 2020.

The Asian Bankers, dalam penilaiannya, memandang BI menunjukkan keunggulan dalam mengelola perekonomian sehingga berhasil menjaga stabilitas makroekonomi Indonesia di tengah kondisi ketidakpastian global yang tinggi.

Tiga aspek utama menjadi pertimbangan keputusan The Asian Bankers. Pertama, konsistensi BI menempuh bauran kebijakan moneter yang didukung oleh sinergi dan koordinasi kebijakan dengan pemerintah dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mampu menjaga stabilitas dan mendukung pemulihan ekonomi.

Dengan koordinasi tersebut, inflasi dapat lebih rendah dari perkiraan pasar dan pertumbuhan ekonomi dengan cepat dapat kembali ke lintasan sebelum pandemi.

Aspek kedua, yakni BI secara konsisten juga menempuh kebijakan moneter yang front loaded, pre-emptive, dan forward looking, sehingga dapat menurunkan ekspektasi inflasi dan mendorong inflasi inti kembali ke dalam kisaran 2 persen sampai 4 persen.

Ketiga, penguatan kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi, terutama imported inflation, melalui strategi triple intervention, baik di pasar spot, pasar Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF), maupun pembelian atau penjualan surat berharga negara (SBN) di pasar sekunder.

Penghargaan regulator terbaik di Asia Pasifik 2023 merupakan penghargaan kepada bank sentral yang unggul dalam menjalankan perannya menjaga stabilitas makroekonomi. Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh The Asian Banker sebagai salah satu penyedia banking intelligence sejak 1996, yang telah melakukan penilaian secara regular atas pencapaian bank sentral dan regulator jasa keuangan di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement