Senin 12 Jun 2023 01:09 WIB

Pefindo Naikkan Rating Bank DKI

Rating Bank DKI naik dari idAA- (Double A Minus) sejak 2018 menjadi idAA (Double A).

Lembaga pemeringkat nasional, Pefindo, menaikkan rating Bank DKI dari sebelumnya idAA- (Double A Minus) sejak tahun 2018 menjadi idAA (Double A) dengan outlook stabil.
Foto: Dok Bank DKI
Lembaga pemeringkat nasional, Pefindo, menaikkan rating Bank DKI dari sebelumnya idAA- (Double A Minus) sejak tahun 2018 menjadi idAA (Double A) dengan outlook stabil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat nasional, Pefindo, menaikkan rating Bank DKI dari sebelumnya idAA- (Double A Minus) sejak tahun 2018 menjadi idAA (Double A) dengan outlook stabil. Peringkat terbaru ini berlaku untuk periode 5 Juni 2023 sampai 1 Juni 2024.

Pefindo dalam pengumumannya (9/6/2023) menyatakan peringkat idAA yang diberikan kepada Bank DKI mencerminkan dukungan yang kuat dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham pengendali. Posisi bisnis dan struktur permodalan juga dinilai sangat kuat. 

Peningkatan peringkat menjadi idAA berdasarkan pencapaian perseroan sebagaimana Laporan Keuangan Audited per 31 Desember 2022 dan per 31 Desember 2021. Bank DKI dinyatakan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang dibandingkan dengan obligor Indonesia lainnya.

Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy, mengatakan naiknya peringkat ini merefleksikan posisi perseroan yang semakin kuat di industri perbankan. Peringkat ini juga menegaskan posisi Bank DKI sebagai bank yang sehat dengan tingkat kesehatan 2 (sehat) berdasarkan hasil penilaian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

"Berbagai raihan kinerja positif juga mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak baik domestik maupun internasional yang tercermin melalui 43 kategori penghargaan yang diterima oleh perseroan sepanjang periode 1 Januari hingga 31 Mei 2023," ujar Fidri.

Direktur Keuangan & Strategi Bank DKI, Romy Wijayanto, menambahkan pencapaian rating idAA ini sebagai bentuk pengakuan dari institusi pemeringkat tepercaya yang sejalan dengan pertumbuhan kinerja positif perseroan. Hal ini pun seiring dengan strategi keseluruhan yang berfokus pada segmen yang stabil serta potensial dan transformasi ke arah digitalisasi secara konsisten. 

"Program Transformasi 5.0 yang diimplementasikan perseroan sejak 2021 dengan berbagai program kerja nyata dapat meningkatkan kinerja keuangan secara keseluruhan," kata Romy.

Sementara Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menyatakan naiknya peringkat akan memperkuat posisi Bank DKI dalam menghadapi tantangan dan peluang di pasar yang kompetitif. Perseroan berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan dengan pengimplementasian strategi yang berorientasi pada pertumbuhan dan inovasi, serta proses bisnis berbasis digital.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement