Jumat 09 Jun 2023 18:30 WIB

Pertamina Patra Niaga Perkuat Jaringan Penyaluran

Titik BBM Satu Harga, pangkalan elpiji subsidi, dan Pertashop terus ditambah.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah pengendara sepeda motor antre untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Sejumlah pengendara sepeda motor antre untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Patra Niaga terus memperkuat aspek availability dengan memperluas jaringan lembaga penyalurnya diseluruh wilayah Indonesia.

Sepanjang 2022, 96 titik BBM Satu Harga baru dioperasikan, hadirnya 64 ribu lebih pangkalan atau outlet LPG Subsidi 3 Kg lewat Program One Village One Oulet (OVOO). Pun Pertashop yang bertambah hingga lebih dari 2.000 outlet sepanjang 2022.

Baca Juga

"Lewat berbagai program tersebut, Pertamina Patra Niaga melayani kebutuhan energi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di dalamnya wilayah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T)," kata Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution dalam siaran persnya, Jumat (9/6/2023).

Amanah penugasan juga tidak luput dari prioritas Pertamina Patra Niaga. Dalam rangka menjaga penyaluran subsidi yang makin baik dan tercatat, Program Subsidi Tepat mulai diinisiasi baik untuk penyaluran BBM maupun LPG.

Digitalisasi juga berperan besar, dimana monitoring transaksi tidak wajar di SPBU terus diperkuat salah satunya dengan konektivitas 528 CCTV SPBU ke Pertamina Integrated Enterprise Data & Command Centre (PIEDCC).

Pertamina Patra Niaga juga turut mendukung program transisi energi pemerintah. Pada 2022 telah dioperasikan 317 Green Energy Station (GES), enam Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan 22 Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

"Pencapaian ini adalah awal yang baik bagi Subholding Commercial & Trading Pertamina. Ini akan menjadi pemacu Pertamina Patra Niaga untuk terus memastikan ketersediaan energi bagi seluruh masyarakat Indonesia," ujar Alfian.

Senada dengan itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina akan terus mengoptimalkan perannya dalam penyediaan energi berdasarkan prinsip availibility, accesibility, affordability, acceptability, and sustainability.

"Kinerja Pertamina Patra Niaga dalam menyalurkan BBM dan LPG hingga pelosok berkontribusi pada kinerja Pertamina dari sektor hilir," ucap Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement