Jumat 09 Jun 2023 01:48 WIB

Transformasi Digital Produk Medis Jadi Strategi Besar di Tahun Ini

PT Phaprop memiliki strategi besar dengan melakukan transformasi digital produk medis

PT Phapros Tbk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2022, Kamis (8/6/2023). PT Phaprop memiliki strategi besar dengan melakukan transformasi digital produk medis.
Foto: Istimewa
PT Phapros Tbk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2022, Kamis (8/6/2023). PT Phaprop memiliki strategi besar dengan melakukan transformasi digital produk medis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Phapros Tbk yang merupakan bagian dari keluarga besar Holding BUMN Farmasi mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2022 dan di lanjutkan dengan public expose Perseroan dengan mengundang para pemegang saham, calon investor, dan media untuk menyampaikan pencapaian-pencapaian perusahaan selama tahun 2022 serta strategi di tahun 2023. 

Menurut Direktur Utama PT Phapros Tbk, Hadi Kardoko, selama tahun 2022 perusahaan berhasil membukukan kinerja finansial dan non finansial yang cukup baik. Perseroan berhasil meningkatkan penjualan sebesar 11 persen serta laba tahun berjalan yang  signifikan sebesar 143 persen dengan jumlah kategori produk jual bebas, obat resep, obat generik, hingga alkes.

Baca Juga

“Tahun 2022 merupakan tahun pertumbuhan ekspansif bagi kami. Dari aspek perluasan pasar, inovasi produk, jumlah produksi dan lainnya, menghasilkan kinerja yang positif dibanding tahun sebelumnya. Kunci yang kami lakukan ada dua hal, yaitu efisiensi biaya di segala lini melalui efektifitas operasional. Selebihnya, ditopang dengan business excellence, organizational excellence dan digitalisasi,” kata Hadi, Kamis (8/6/2023).

Selain kinerja yang fantastis dari pertumbuhan laba tahun berjalan serta penjualan, kinerja Phapros juga ditunjukkan dari pertumbuhan kas atau setara kas yang meningkat hingga 57 persen pada akhir 2022 dibanding 2021. 

“Dengan melihat kinerja tahun lalu yang meningkat tajam, kami optimis tahun 2023 ini PEHA bisa tumbuh lebih baik dari sisi keuangan maupun peluang pasar, sehingga mampu memberikan imbal balik yang lebih baik kepada pemegang saham atau investor, karyawan ataupun stakeholder lainnya,” kata dia.

Tahun lalu, Phapros juga telah meluncurkan 12 produk baru pada kelas terapi antihipertensi, antibiotik, antiemetik dan multivitamin. Sedangkan, produk alat kesehatan salah satunya ada di segmen ortopedi seperti bone fill jenis bubuk hasil hilirisasi riset bersama RSUD Dr. Soetomo Surabaya yang bisa digunakan untuk implan gigi.

"Dengan semakin banyaknya kebutuhan masyarakat dan tenaga medis terhadap produk obat berkualitas, maka Phapros juga ikut berkontribusi dengan merilis produk terbaru berbasis riset dan penelitian,” ujar dia.

Tahun ini perusahaan akan melakukan pada penataan portofolio produk perusahaan, optimalisasi anak perusahaan serta penataan operasional pemasaran. "Selain itu, kami juga akan menguatkan finansial perusahaan dan kolaborasi serta sinergi dengan beberapa mitra strategis guna mendukung pengembangan bisnis perusahaan yang lebih inovatif,” tambah Hadi.

Transformasi digital dan pengembangan sumber daya manusia juga menjadi bagian dari grand strategy perusahaan pada 2023 ini, termasuk transformasi operasional dengan melakukan digitalisasi pada rantai pasokan dan proses produksi, serta mengoptimalkan penjualan melalui e-commerce yang terus dilakukan.

Dalam RUPS Tahun Buku 2022, emiten berkode saham PEHA ini juga membagikan dividen sebesar 40 persen dari laba perusahaan atau senilai Rp 13,37 per lembar sahamnya. Di mana, nilai ini lebih tinggi dari tahun buku 2021 yaitu sebesar Rp 7,9 per lembar saham atau naik 68 persen.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement