Kamis 08 Jun 2023 14:45 WIB

Panen Jagung Perdana Hasil Sinergi Antam dan Petani Jagung di Maluku Utara

Sebanyak 3.352 tongkol jagung dipanen petani yang tergabung dalam Petani Harmony.

PT Antam Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Maluku Utara bersama dengan para petani asal Desa Gamesan, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, melakukan panen perdana jangung manis.
Foto: Antam
PT Antam Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Maluku Utara bersama dengan para petani asal Desa Gamesan, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, melakukan panen perdana jangung manis.

REPUBLIKA.CO.ID, HALMAHERA -- PT Antam Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Maluku Utara bersama dengan para petani asal Desa Gamesan, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur, melakukan panen perdana jangung manis pada Selasa (6/6/2023).

Pada kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Halmahera Timur Anjas Taher ini, sebanyak 3.352 tongkol jagung dipanen para petani yang tergabung dalam kelompok Petani Harmony, Desa Gamesan, yang merupakan mitra binaan CSR Antam UBP Nikel Maluku Utara.

Saat membuka acara panen perdana, Wakil Bupati Halmahera Timur Anjas Taher dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Antam UBP Nikel Maluku Utara yang telah membina dan membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi kreatif.

"Kami Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Aneka Tambang yang sudah berkontribusi besar dalam pelaksanaan program-program CSR salah satunya dengan pengembangan untuk sektor pertanian" ucapnya.

Wakil Bupati juga menyebutkan di tahun ini jika smelter beroperasi otomatis bahan pangan hortikultura dan buah-buahan akan meningkat. Tentunya kebutuhan pangan akan semakin naik dan orang akan tahu bahwa Antam yang memprakarsai kegiatan ini.

“Jika enam hektar lahan yang disiapkan Antam untuk dimanfaatkan masyarakat ditambah lahan milik masyarakat jika diakomodir tentunya kebutuhan pangan horti akan terpenuhi,” tuturnya dalam siaran pers. 

Lanjutnya, panen perdana hari ini menjadi langkah awal yang baik sehingga kedepan harus ada komitmen dari Antam kepada petani untuk menjadi penghasil tanaman hortikultura dan buah-buahan untuk dapat disalurkan ke Antam, termasuk perusahaan lain yang ada di Halmahera Timur sebagai pemenuhan kebutuhan karyawan.

“Saya berharap angka kemiskinan Haltim yang tinggi dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat untuk lebih baik lagi kedepannya,” tegasnya.

Sebagai anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, Antam senantisa berupaya membina dan mengedukasi masyarakat melalui berbagai program CSR, terutama kepada masyarakat lokal yang berada di lingkar tambang.

Selain itu, sejalan dengan Sinergi Berdaya, Antam juga berupaya memberikan dampaik perekonomian yang positif kepada masyarakat lokal di berbagai bidang termasuk pertanian yang dilakukan bersama Kelompok Tani Harmony. Hal ini disampaikan Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie, ketika dihubungi terpisah.

“Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada komitmen para anggota Kelompok Tani Harmony yang telah bersinergi dengan Antam dalam Pengembangan kebun hiltikultura jagung,” katanya. 

Faisal menambahkan, inisiasi pengembangan kebun holtikultura ini kedepannya akan terus dilakukan dengan harapan dapat memberikan manfaat keekonomian dan juga peningkatan kapasitas para petani di sekitar wilayah UBP Nikel Maluku Utara.

"Pada panen perdana jagung ini kita lakukan di atas lahan yang belum produktif. Kedepannya, semoga pengembangannya akan semakin baik sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat," paparnya.

Faisal berharap semangat dan sinergi ini antara Antam dan masyarakat di sekitar wlayah operasi di Maluku Utara akan tetap terjaga dan saling mendukung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement