Kamis 08 Jun 2023 04:21 WIB

Ini 10 Mesin Mobil Terbaik yang Pernah Diproduksi Toyota

Toyota investasi 383 juta dolar AS untuk mesin pembakaran di 2022.

Mesin Lexus LFA 10 Featured 4-1
Foto: Hotcars.com
Mesin Lexus LFA 10 Featured 4-1

REPUBLIKA.CO.ID,Toyota adalah salah satu pembuat mobil tersukses di dunia, dan inilah mesin ikonik yang membuatnya menempati posisi teratas.

Berfungsi dengan tingkat produksi sekitar 10 juta mobil per tahun, Toyota bukan hanya merek terkenal di seluruh dunia, tetapi juga mengukuhkan namanya sebagai salah satu merek produksi otomotif paling sukses di dunia. Khususnya, salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan Toyota di industri ini adalah kegemaran perusahaan untuk memproduksi mesin ikonik.

Baca Juga

Semangat untuk menghasilkan mesin yang luar biasa hebat juga menjadi salah satu alasan Toyota menginvestasikan 383 juta dolar AS untuk mesin pembakaran pada tahun 2022. Hasilnya dapat dilihat semua orang melalui beberapa model Toyota terbaik dengan peringkat keandalan tinggi. Artinya, dalam artikel ini, kami melakukan perjalanan ke masa lalu untuk menghadirkan mesin paling abadi yang pernah diproduksi oleh Toyota.

10. 2ZZ-GE

Atribut Terbaik: Kemampuan Putaran Tinggi, Sangat Andal

Spesifikasi Mesin:

Pabrikan Toyota, Yamaha

Tahun Produksi 1999 - 2007

Konfigurasi Inline-4

Displacement 1,8 liter (1.796 cc)

Tenaga 180 - 190 hp

Torsi 133 - 136 lb-ft

Bahan Bakar Bensin

Diaplikasikan di Celica, Corolla

Keluarga mesin ZZ berhasil masuk ke daftar ini melalui versi 1.8 liter yang disebut 2ZZ-GE. Dibangun di Jepang dengan masukan dari Yamaha, 2ZZ-GE adalah mesin empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga lebih besar melalui sistem profil poros bubungan ganda, sehingga tidak memerlukan induksi paksa atau perpindahan yang ditingkatkan.

Setelah diperkenalkan, 2ZZ-GE menjadi mesin produksi pertama yang menggabungkan pengangkat katup variabel profil ganda dengan timing katup variabel cam-phasing. 2ZZ-GE dipuja karena kinerjanya yang kuat, keandalannya, dan kemampuannya yang berputar tinggi.

9. 1LR-GUE

Atribut Terbaik: Kemampuan Putaran Tinggi, Catatan Knalpot Luar Biasa

Spesifikasi Mesin:

Produsen Toyota

Tahun Produksi 2010 - 2012

Konfigurasi V10

Displacement 4,8 liter (4.805 cc)

Tenaga 552 hp

Torsi 354 lb-ft

Bahan Bakar Bensin

Diaplikasikan di Lexus LFA

Kita tidak mungkin membuat daftar mesin Toyota terhebat tanpa 1LR-GUE yang luar biasa menakjubkan. Bermesin bensin V10, 1LR-GUE dibuat oleh Toyota bermitra dengan Yamaha. Untuk pembangunan pabrik, Toyota mengadopsi tata letak 72 derajat yang agak tidak biasa yang memberikan rakitan berputar dengan keseimbangan yang lebih baik. Menggerakkan Lexus LFA, mesin Toyota V10 ini hanyalah sebuah keajaiban teknik.

Tidak hanya pabrik V10 yang unik ini lebih kecil dari kebanyakan V8, tetapi 1LR-GUE menawarkan daya tahan yang luar biasa karena dibuat dengan paduan magnesium, aluminium, dan titanium sementara dilengkapi DOHC 4 katup per silinder. Sistem knalpot mesin dibangun dalam kemitraan dengan divisi musik Yamaha, menciptakan salah satu nada paling luar biasa yang pernah terdengar dari V10.

8. 2GR-FE

Atribut Terbaik: Hemat Bahan Bakar, Namun Bertenaga

Spesifikasi Mesin:

Produsen Toyota

Tahun Produksi 2006 - Sekarang

Konfigurasi V6

Displacement 3,5 liter (3.456 cc)

Tenaga 268 - 314 hp

Torsi 248 hingga 278 lb-ft

Bahan Bakar Bensin

Diaplikasikan di Toyota Camry, Lexus RX, Lexus GS

photo
Toyota Camry dipajang di salah stu diler di Jepang. Mesin 2GR-FE adalah versi 3,5 liter dari seri GR disematkan di Toyota Camry non hibrida. Foto ilustrasi.- (Nikkei Asia)

 

Mesin GR menggantikan MZ V6 dan JZ inline-6 di kendaraan Toyota. Ini adalah keluarga mesin bensin V6 yang menampilkan blok aluminium die-cast dan kepala silinder aluminium DOHC. Rangkaian mesin GR menampilkan batang penghubung dan poros engkol baja tempa, bersama dengan intake manifold bawah aluminium cor dan rantai waktu, membantu menghasilkan tenaga halus dengan mudah.

2GR-FE adalah versi 3,5 liter dari seri GR. Itu dilengkapi dengan Dual VVT-i merek di knalpot dan intake cams. Khususnya, 2GR-FE dipuja karena kemampuannya menghasilkan tenaga yang kuat namun tetap hemat bahan bakar, menjadikannya salah satu mesin paling hemat bahan bakar sepanjang masa.

7. 4A-GE

Atribut Terbaik: Kemampuan Revving Tinggi, Keandalan Tinggi

Spesifikasi Mesin:

Produsen Toyota

Tahun Produksi 1983 - 1999

Konfigurasi Inline-empat

Displacement 1.6, 1.8, 2.0 liter

Tenaga 107 - 140 hp

Torsi 108 - 167 lb-ft

Bahan Bakar Bensin

Aplikasi di Corolla, Celica, MR2

Seri A adalah keluarga mesin pembakaran internal empat segaris di bidang produksi mesin Toyota. Toyota membangun blok mesin dengan besi tuang sedangkan kepala silinder dibuat dengan aluminium. Juga, Toyota memastikan silindernya siames, jadi mesinnya bisa pendek banget.

4A termasuk dalam keluarga A, dan merupakan mesin 1,6 liter yang diproduksi dalam berbagai variasi termasuk 4A-GE yang tersedia dalam lima generasi produksi. 4A-GE sekarang menjadi pilihan utama untuk pertukaran mesin di antara para penggemar performa karena keandalannya dan kehebatan performanya yang luar biasa.

6. 1HD-FTE

Atribut Terbaik: Memberikan Performa dan Torsi Off-Road Yang Luar Biasa

Spesifikasi Mesin: 

Produsen Toyota

Tahun Produksi 1990 - 2007

Konfigurasi Inline-enam

Displacement 4,2 liter (4.164 cc)

Tenaga 164 - 202 hp

Torsi 434 lb-ft

Bahan Bakar Diesel

Aplikasi di  Toyota Land Cruiser

Pada awal 1990-an, Toyota meluncurkan rangkaian mesin diesel yang disebut seri HD. 1HD-FTE milik seri ini, dan ini adalah mesin diesel 4.2 liter straight-6 turbocharged. Mesinnya menggunakan sistem bahan bakar injeksi langsung, serta sistem injeksi bahan bakar elektronik, sekaligus menawarkan RPM yang relatif tinggi.

Sebagai mesin diesel turbo enam silinder, 1HD-FTE terkenal akan keandalan dan daya tahannya yang tinggi. Oleh karena itu, mesin menggerakkan beberapa model kendaraan paling andal dari Toyota termasuk Toyota Land Cruiser. Ini adalah mesin yang ideal untuk off-road.

5. 7M-GTE

Atribut Terbaik: Potensi Bagus Untuk Output Daya Tinggi

Spesifikasi Mesin: 

Produsen Toyota

Tahun Produksi 1986 - 1992

Konfigurasi Inline-enam

Displacement 3,0 liter (2.954 cc)

Tenaga 232 hp

Torsi 240 lb-ft

Bahan Bakar Bensin

Aplikasi di Toyota Supra, Toyota Celica Supra

Toyota membangun mesin straight-6 yang dipasang secara longitudinal dari tahun 1965 hingga 1993, menyebut mesin ini sebagai keluarga M. Semua dibangun di pabrik Toyota Kamigo di Toyota City, mesin keluarga M diproduksi dengan blok besi sedangkan kepala silinder terbuat dari aluminium. Setelah memproduksi beberapa varian mesin M, Toyota merilis 7M-GTE pada tahun 1986.

Sebuah turbocharged inline-six, 7M-GTE dipuja karena output dayanya yang tinggi karena merupakan mesin performa Toyota teratas pada masanya. Sangat andal dan sangat dapat disetel, 7M-GTE dapat menghasilkan hingga 500 tenaga kuda dengan modifikasi yang tepat.

4. 1UZ-FE

Atribut Terbaik: Sangat Andal, Potensi Performa Luar Biasa

Spesifikasi Mesin:

Pabrikan Toyota

Bertahun-tahun 1989 - 2000

Konfigurasi V8

Displacement 4,0 liter (3968 cc)

Kekuatan 250 - 260 hp

Torsi 260 - 270 lb-ft

Bahan bakar Bensin

Aplikasi di Lexus LS 400, SC 400, GS 400

Bagian dari keluarga mesin Toyota UZ, 1UZ-FE adalah mesin V8 all-alloy 4.0 liter. Mesinnya ringan dan sangat efisien, berkat blok all-aluminium dan kepala silindernya. Selama tahap pengujian yang ketat, 1UZ-FE mencatat lebih dari 1,67 juta mil dari uji jalan sebenarnya di medan yang paling melelahkan.

Mesin produksi 1UZ-FE keluar lebih bertenaga, lebih ekonomis, dan juga menghasilkan kebisingan yang lebih rendah dibandingkan dengan para pesaingnya. Secara internal, 1UZ-FE menampilkan piston hypereutectic, sedangkan poros engkol dan batang penghubung terbuat dari baja. Mesin 1UZ-FE sangat dikagumi karena keandalannya yang mengesankan.

3. 3S-GTE

Atribut Terbaik: Pengiriman Daya Luar Biasa

Spesifikasi Mesin: 

Pabrikan Toyota

Bertahun-tahun 1986 - 2002

Konfigurasi Sebaris-4

Displacement 4,0 liter (3.968 cc)

Kekuatan 200 - 260 hp

Torsi 200 - 270 lb-ft

Bahan bakar Bensin

Aplikasi di Celica GT-Empat, MR2 Turbo

Bagian dari keluarga mesin S, dan berdasarkan 3S-GE, 3S-GTE adalah mesin bensin empat silinder segaris 2.0 liter turbocharged yang diproduksi oleh Toyota untuk empat generasi produksi. Selain itu, untuk performa mesin, waktu pengapian, dan penyaluran bahan bakar yang optimal, 3S-GTE menggunakan sistem manajemen mesin elektronik.

Dengan pengiriman tenaga yang luar biasa dan torsi mid-range yang kuat, para penggemar performa benar-benar tidak bisa mendapatkan cukup dari 3S-GTE. Mesinnya memiliki kepala silinder yang terbuat dari paduan aluminium dan dibangun dalam kemitraan dengan Yamaha.

2. 2JZ-GTE

Atribut Terbaik: Sangat Merdu

Spesifikasi Mesin 

Produsen Toyota

Tahun 1991 - 2002

Konfigurasi Inline-enam

Displacement 3,0 liter (2.997 cc)

Tenaga 267 - 320 hp

Torsi 318 lb-ft

Bahan Bakar Bensin

Aplikasi di Toyota Supra, Nissan Skyline GT-R, Toyota Aristo

Bisa dibilang mesin Toyota yang paling dikagumi dalam daftar ini, Toyota 2JZ-GTE memang legendaris. Dianggap sebagai mesin paling kuat yang pernah diproduksi, 2JZ-GTE menampilkan besi tuang yang sangat tahan lama, blok dek tertutup, dan pembangunan kembali mesin secara menyeluruh ini menjelaskan mengapa 2JZ adalah mahakarya teknik. Diproduksi sebagai respons terhadap mesin Nissan RB26DETT yang sangat sukses, 2JZ-GTE dibangun dengan tata letak segaris dengan enam silinder dan turbo kembar berurutan.

Awalnya dibuat untuk performa tinggi, Toyota harus menurunkan versi 2JZ-GTE untuk mendapatkan output yang lebih ringan karena maraknya kecelakaan di jalanan Jepang pada saat itu. Namun, mesin tersebut dengan cepat ditemukan dan didambakan oleh para penggila performa yang hanya perlu mengganti twin turbo kecilnya dengan yang lebih besar. Dengan mod yang tepat, Anda bisa mendapatkan hingga 700 hp dari 2JZ-GTE sementara beberapa bahkan mengeluarkan 1.500 hp darinya.

1. 5VZ-FE

Atribut Terbaik: Kemampuan Off-Road Hebat, Torsi Low-End yang Cukup

Spesifikasi Mesin 

Produsen Toyota

Tahun 1993 - 2004

Konfigurasi V6

Displacement 3,4 liter (3.378 cc)

Tenaga 190 - 192 hp

Torsi 220 lb-ft

Bahan Bakar Bensin

Aplikasi di Tacoma, 4Runner, Hilux

Ada begitu banyak alasan untuk membeli Toyota Tacoma, dan di antara model tahun 1995 hingga 2004, mesin 5VZ-FE tentunya menjadi salah satu alasannya. Melanjutkan SOHC 3VZ-E dalam seri mesin VZ, 5VZ-FE memiliki blok besi tuang dengan kepala silinder aluminium DOHC.

Sangat dihormati oleh penggemar truk Toyota, 5VZ-FE sangat andal, dan memberikan kemampuan off-road yang luar biasa dan torsi low-end yang cukup besar pada kendaraan yang digerakkannya. Fitur luar biasa lainnya dari mesin ini termasuk manifold intake aluminium cor, camshaft cor, engkol cor, dan injeksi bahan bakar multi-port berurutan.

 

sumber : Hotcars.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement