Rabu 07 Jun 2023 23:22 WIB

Panitia Penjaringan Tetapkan Calon Tunggal Ketua Umum REI

Calon tunggal ini justru menjadi momentum REI untuk semakin solid.

Calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026, Joko Suranto (kedua dari kiri), saat mendaftarkan diri.
Foto: Istimewa
Calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026, Joko Suranto (kedua dari kiri), saat mendaftarkan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) secara resmi menetapkan Joko Suranto sebagai calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026. Ketetapan diputuskan setelah panitia penjaringan melakukan proses verifikasi dan evaluasi terhadap seluruh dokumen calon ketua umum (caketum) yang telah masuk hingga batas akhir pendaftaran 29 Mei 2023.

Ketua Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI Periode 2023-2026, Hervian Tahier, menjelaskan setelah pendaftaran ditutup, panitia telah melakukan proses verifikasi dan evaluasi berkas dokumen caketum yang mendaftar pada 30 Mei sampai 5 Juni 2023. Dari proses itu dinyatakan bahwa caketum tersebut telah memenuhi semua persyaratan yang ditentukan organisasi.

"Seluruh mekanisme penjaringan sudah kami lakukan sesuai aturan organisasi termasuk sosialisasi pendaftaran caketum. Karena itu, pada hari ini secara resmi kami memutuskan hanya ada calon tunggal Ketua Umum DPP REI periode 2023-2026 yaitu Saudara Joko Suranto yang saat ini merupakan Ketua DPD REI Jawa Barat," ungkap Hervian usai rapat paripurna panitia penjaringan di Kantor DPP REI, Jakarta.

Setelah penetapan ini, tahap berikutnya adalah proses sosialisasi Caketum REI yang menurut rencana akan dipusatkan di Bali pada 5 Juli 2023. Karena pemilihan kali ini hanya ada satu calon, Hervian mengatakan, caketum akan diminta menandatangani pakta integritas sebagai komitmen selalu menjaga persatuan REI termasuk memenuhi semua janji dan visi misinya.

Anggota Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI, Moerod, berharap calon tunggal ini justru menjadi momentum yang harus digunakan REI untuk menjadi semakin solid dan bersatu di masa mendatang. Menurutnya, sebagai organisasi perusahaan properti yang tertua dan terbesar di Indonesia, REI sudah sangat teruji dan matang dalam berdemokrasi.

"Ayo kita gunakan ajang pemilihan ketua umum tahun ini sebagai momentum positif untuk semakin solid bersinergi dan kompak menyatukan semua kekuatan yang ada di REI,” kata Moerod.

Sekjen DPP REI, Hari Ganie, usai menerima laporan hasil rapat evaluasi Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum DPP REI tersebut mengatakan Panitia Pengarah Munas REI 2023 sedang mempersiapkan berbagai instrumen pendukung terkait pemilihan Ketua Umum REI dengan calon tunggal. "Draf tata cara pemilihan sedang disusun sesuai AD/ART dan PO REI," ungkapnya.

Joko Suranto mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum DPP REI periode 2023-2026 pada Jumat (26/5). Dia menjadi pendaftar pertama dan sekaligus yang terakhir. "Sebagai anggota REI sejak 2009, saya ingin berbuat lebih banyak untuk organisasi dan bercita-cita menjadikan REI lebih baik dan lebih bermanfaat bagi seluruh anggota," ujar dia. 

"Inilah panggilan jiwa saya untuk menjadikan REI sebuah organisasi yang kuat," kata Joko Suranto menegaskan saat mendaftar. Dia pun berkomitmen untuk terus menjaga semangat kekeluargaan dan kebersamaan di REI yang sudah dirawat sejak organisasi itu didirikan pada 11 Februari 1972.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement