Senin 05 Jun 2023 07:18 WIB

PLN Pasok Listrik tanpa Kedip dalam Gelaran Formula E 2023

PT PLN (Persero) sukses memasok listrik andal selama ajang balap Formula E.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Warga menonton pertandingan balapan Formula E 2023 seri 11 di Jakarta International E-Prix Circuit, Jakarta, Ahad (4/6/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga menonton pertandingan balapan Formula E 2023 seri 11 di Jakarta International E-Prix Circuit, Jakarta, Ahad (4/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) sukses memasok listrik andal selama ajang balap Formula E yang digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, memantau langsung pengamanan kelistrikan untuk event bertaraf internasional, yang berlangsung pada 3-4 Juni 2023 tersebut.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan komitmen penuh PLN dalam menyukseskan gelaran Formula E 2023 membuktikan kapasitas perusahaan dalam menyuplai listrik untuk event bertaraf internasional. Untuk event skala besar seperti Formula E, standar yang diterapkan PLN adalah zero down time atau tanpa kedip dengan pasokan berlapis.

Baca Juga

“PLN selalu siap mendukung gelaran event skala nasional maupun internasional dengan listrik yang cukup dan tanpa kedip. Dalam hal ini kami sudah sangat berpengalaman, seperti KTT G20 di Bali, KTT ASEAN di Labuan Bajo, serta MotoGP di Mandalika NTB," ungkap Darmawan.

Total daya listrik yang dipasok PLN dalam gelaran tersebut mencapai 3.876 kilo Volt Ampere (kVA). Pasokan selama acara berjalan stabil karena didukung oleh enam subsistem dengan total kapasitas sebesar 8.848 Megawatt (MW).

 

"Dengan kondisi ini, selain Formula E 2023, suplai listrik yang kami operasikan juga dapat memenuhi kebutuhan event-event besar di Jakarta. Selain itu, ditambahnya pasokan listrik berlapis membuat listrik semakin andal," ucap Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menjelaskan, dari sisi teknis PLN mengoperasikan tiga buah Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile masing-masing 500 kiloVolt Ampere (kVA), tiga buah Unit Gardu Bergerak (UGB) masing-masing 1.000 kVA, dua buah UGB masing-masing 630 kVA, dan satu buah UGB 400 kVA. PLN juga menerjunkan 52 personel khusus yang bersiaga mengamankan keandalan pasokan listrik selama event balapan berlangsung.

"Untuk mempermudah mobilisasi, kami membekali mereka dengan tiga buah unit motor listrik," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement