Kamis 01 Jun 2023 16:57 WIB

DPR AS Sepakati Plafon Utang

Sejumlah anggota Partai Republik mengkritik kesepakatan plafon utang AS.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Friska Yolandha
Draf RUU yang dinegosiasikan oleh Presiden Joe Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy dari California untuk menaikkan plafon utang negara, difoto pada Senin, 29 Mei 2023.
Foto:

Sebelum pemungutan suara, bahkan anggota DPR dari fraksi Demokrat telah menyuarakan penentangan mereka, mengutuk perubahan yang diusulkan untuk bantuan pangan dan program jaring pengaman sosial lainnya. Salah satu perwakilan dari negara bagian Washington, Pramila Jayapal mengatakan dalam cuitannya di Twitter, saat ini bukan hanya tanggung jawab fiskal atau mengurangi defisit negara, namun adalah mencari jalan keluar agar tidak lagi merugikan warga AS.

“Ini tentang menyakiti orang miskin dan membuat mereka membayar keringanan pajak untuk orang terkaya sementara GOP mendorong prioritas ideologis mereka yang kejam," tulisnya.

Ia bahkan juga menyalahkan anggota garis keras dar partai Republik karena gagal menaikkan plafon utang "tanpa pamrih". Ia pun berjanji, kepemimpinan demokratis di DPR adalah untuk mencegah terjadinya default.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement