Senin 29 May 2023 16:59 WIB

KCI Tambah Perjalanan KRL, Waktu Tunggu Penumpang Lebih Singkat

KCI akan menambah jumlah perjalanan KRL mulai 1 Juni 2023.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah penumpang turun dari gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline Jabodetabek di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/4/2023). PT KAI Commuter Indonesia (KCI) akan menambah jumlah perjalanan KRL mulai 1 Juni 2023.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Sejumlah penumpang turun dari gerbong Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline Jabodetabek di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/4/2023). PT KAI Commuter Indonesia (KCI) akan menambah jumlah perjalanan KRL mulai 1 Juni 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Commuter Indonesia (KCI) akan menambah jumlah perjalanan KRL mulai 1 Juni 2023. Dengan ditambahnya jumlah perjalanan, waktu tunggu penumpang KRL akan jadi lebih cepat. VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menuturkan, pihaknya melakukan perubahan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) untuk meningkatkan layanan kepada penumpang yang kini tembus hampir 1 juta orang per hari.

Mulai 1 Juni nanti, total perjalanan KRL setiap harinya akan bertambah menjadi 1.133 perjalanan dari tahun awal tahun lalu sebanyak 1.081 perjalanan harian. Seluruh perjalanan itu dioperasikan oleh 98 rangkaian kereta api yang beredar ke setiap stasiun.

Baca Juga

Anne menjelaskan, penambahan jumlah rangkaian dilakukan melalui rekomposisi gerbong kereta. Nantinya, mayoritas rangkaian hanya akan terdiri atas delapan hingga 10 gerbong dari yang biasanya sebanyak 12 gerbong.

"Kita rekomposisi kereta sekarang rangkaian delapan sampai 10 gerbong yang banyak sehingga bisa ditambahkan jumlah perjalanan dan perkecil headway agar tidak terjadi penumpukan," kata Anne dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (29/5/2023).

 

Lebih detail, jumlah perjalanan KRL lintas Bogor kini menjadi 420 perjalanan dengan waktu tunggu hanya lima menit. Kemudian, lintas Cikarang menjadi 282 perjalanan sehingga waktu tunggu menjadi sembilan menit.

Lintas Tangerang menjadi 124 perjalanan dengan waktu tunggu 12 menit serta lintas Tanjung Priok diisi oleh 86 perjalanan dan waktu tunggu cuma 18 menit.

"Kemudian, di Rangkasbitung ada 221 perjalanan, waktu tunggu dari yang semula bisa lebih dari satu jam saat ini hanya 12 menit. Ini salah satu gambaran modernisasi yang dilakukan," ungkapnya.

Anne menambahkan, dengan perubahan Gapeka ini, KCI akan mengoptimalkan waktu Sabtu dan Ahad untuk pemeliharaan kereta sehingga di hari kerja layanan kereta dapat optimal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement