Senin 29 May 2023 16:27 WIB

Cina Desak Jepang Hentikan Pembatasan Ekspor Chip

Jepang sepakat menyesuaikan kontrol ekspor AS yang membatasi penjualan chip ke Cina.

Menteri Perdagangan China Wang Wentao. Cina mendesak Jepang untuk menghentikan kontrol ekspor semikonduktor.
Foto: Michael Godfrey/DFAT via AP
Menteri Perdagangan China Wang Wentao. Cina mendesak Jepang untuk menghentikan kontrol ekspor semikonduktor.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Menteri Perdagangan Cina Wang Wentao mendesak Jepang untuk menghentikan kontrol ekspor semikonduktor. Ia menyebut larangan itu sebagai "kesalahan" yang "melanggar serius" aturan ekonomi dan perdagangan internasional.

Kecaman terbaru China atas pembatasan ekspor disampaikan selama pembicaraan Wang dengan Menteri Perdagangan Jepang Yasutoshi Nishimura pada 26 Mei di konferensi Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Detroit. 

Baca Juga

Jepang, bersama dengan Belanda, pada Januari setuju untuk menyesuaikan kontrol ekspor AS yang akan membatasi penjualan beberapa alat pembuat chip ke Cina. Aturan ini telah membatasi ekspor 23 jenis peralatan manufaktur semikonduktor ke negara tetangganya.

AS memberlakukan pembatasan tahun lalu yang bertujuan untuk memperlambat pekerjaan Cina pada superkomputer yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem senjata nuklir dan sistem kecerdasan buatan.

Jepang tidak memilih Cina dalam pernyataannya tentang kontrol ekspor, hanya mengatakan bahwa ia memenuhi kewajibannya untuk berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas internasional.

Pernyataan Senin dari kementerian perdagangan Cina juga mengatakan, bagaimanapun, bahwa Cina bersedia bekerja sama dengan Jepang untuk mempromosikan kerja sama praktis di bidang ekonomi dan perdagangan utama.

Pada hari Jumat, Nishimura bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan keduanya sepakat untuk memperdalam kerja sama dalam penelitian dan pengembangan chip dan teknologi canggih seperti komputasi kuantum dan kecerdasan buatan. Wang juga bertemu dengan Raimondo dan Perwakilan Dagang AS Katherine Tai saat menghadiri KTT, mengkritik kebijakan ekonomi dan perdagangan AS terhadap Cina, termasuk Kerangka Kerja Ekonomi Indo-Pasifik yang dipimpin AS.

Kebijakan itu mengecualikan Cina dan bertujuan untuk memberikan alternatif yang berpusat pada AS untuk pengaruhnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement