Selasa 23 May 2023 11:16 WIB

Pelihara Listrik tanpa Pemadaman, PLN Distribusi Jabar Selamatkan 11 Juta kWh

PLN UID Jabar memiliki 17 tim PDKB yang tersebar di 17 unit pelaksana di Jawa Barat.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (PLN UID Jabar) berhasil menyelamatkan listrik sebesar 11.236.758 kilo watt hour (kWh) selama periode Januari sampai April 2023.  (ilustrasi).
Foto: portal.pln.co.id
PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (PLN UID Jabar) berhasil menyelamatkan listrik sebesar 11.236.758 kilo watt hour (kWh) selama periode Januari sampai April 2023. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Barat (PLN UID Jabar) berhasil menyelamatkan listrik sebesar 11.236.758 kilo watt hour (kWh) selama periode Januari sampai April 2023. Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia, capaian ini diperoleh dari pemeliharaan jaringan listrik tanpa padam yang dilakukan oleh PLN. 

"Kami berhasil merealisasikan 124 persen dari target yang ditetapkan," ujar Susiana, Selasa (23/5/2023).

Baca Juga

Susiana mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras dari tim PLN di lapangan. “PLN memiliki tim PDKB atau Pekerjaan Dalam Kondisi Bertegangan. Melalui kerja tim ini, PLN dapat melakukan pemeliharaan jaringan listrik tanpa padam sehingga PLN tetap dapat menyalurkan pasokan listrik selama kegiatan pemeliharaan berlangsung,” kata Susiana.

Menurut Susiana, PLN UID Jabar memiliki 17 tim PDKB yang tersebar di 17 unit pelaksana di Jawa Barat dengan total personel 133 orang. Sebanyak tiga tim merupakan tim PDKB metode Sentuh Langsung dan sisanya PDKB metode Berjarak. 

Pemeliharaan dengan metode sentuh langsung, kata dia, memiliki keunggulan. Antara lain pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, personel yang diperlukan lebih sedikit, jumlah titik pekerjaan setiap hari lebih banyak, dan potensi gangguan yang sebelumnya tidak bisa dilihat dari bawah menjadi terlihat saat petugas mengerjakan pekerjaan dengan metode sentuh langsung. Selain itu, jenis pekerjaan yang bisa dilaksanakan dengan metode sentuh langsung lebih banyak daripada metode berjarak.

“Sampai dengan April 2023, seluruh tim telah menyelesaikan kegiatan pemeliharaan di 2.589 lokasi.  Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pelanggan karena pelanggan tetap dapat menikmati listrik meski sedang ada pemeliharaan jaringan listrik,” kata Susiana. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement