Sabtu 20 May 2023 16:34 WIB

Sesama Negara Pasifik, Jokowi Ajak Kepulauan Cook Perkuat Kerja Sama

Pertemuan itu merupakan yang pertama kali digelar sejak adanya hubungan bilateral.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023).
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5/2023). Pertemuan tersebut merupakan yang pertama kali digelar sejak hubungan bilateral Indonesia dan Kepulauan Cook dibuka pada 2019.

"Ini pertemuan pertama kita sejak hubungan bilateral dibuka tahun 2019. Selamat juga atas keketuaan Yang Mulia di Pacific Islands Forum (PIF)," ujar Jokowi dalam pengantarnya, dikutip dari siaran pers Istana.

Baca Juga

Jokowi mengatakan, Indonesia juga merupakan negara pasifik. Karena itu, sebagai satu keluarga pasifik, Indonesia dan Kepulauan Cook harus bersatu dan bersama-sama menghadapi tantangan isu kelautan dan perubahan iklim yang akan dihadapi di masa mendatang.

"Indonesia ingin terlibat lebih dalam mendukung pembangunan di negara-negara pasifik. Kami juga tengah mengembangkan peta jalan kerja sama pembangunan di pasifik sebagai tindak lanjut Indonesia-Pacific Forum for Development," ucap Jokowi.

 

Selain itu, Indonesia dan Kepulauan Cook juga memiliki peluang meningkatkan kerja sama di bidang lainnya. Hal itu mulai dari pertanian, perikanan, pariwisata, pendidikan, hingga penanggulangan bencana alam.

"Saya harap kita dapat wujudkan kerja sama yang menjadikan pasifik kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera dengan spirit kolaborasi dan saling menghormati kedaulatan dan integritas wilayah masing-masing," kata Jokowi.

"Saya yakin Yang Mulia memiliki pandangan sama dan menyuarakan hal tersebut di Pacific Islands Forum," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement