Kamis 18 May 2023 20:08 WIB

Sri Mulyani Minta Belanja Pemerintah Semakin Berkualitas

Hal ini untuk mengoptimalkan penggunaan APBN dalam mendorong perekonomian.

Rep: Novita Intan/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani Indrawati meminta kementerian/lembaga dapat memaksimalkan anggaran belanja secara berkualitas.
Foto: AP Photo/Jose Luis Magana
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Sri Mulyani Indrawati meminta kementerian/lembaga dapat memaksimalkan anggaran belanja secara berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kementerian/lembaga memaksimalkan anggaran belanja secara berkualitas. Hal ini bertujuan untuk mendorong anggaran pendapatan dan belanja negara terhadap perekonomian nasional.

Sri mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2023 merupakan hasil kinerja kementerian/lembaga dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih berkualitas. “Pemerintah telah melakukan simplifikasi indikator kinerja pelaksanaan anggaran belanja. Hal ini untuk mendorong akselerasi realisasi dan capaian kinerja dengan tetap menjaga value for money,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/5/2023).

Baca Juga

Menurutnya, capaian kinerja pertumbuhan ekonomi juga mendorong penyempurnaan online monitoring system perbendaharaan dan anggaran negara, mengintegrasikan seluruh sistem informasi terkait penyaluran ke daerah, serta pengembangan modul capaian output berbasis aplikasi.

Sri Mulyani menyebut sejumlah kementerian/lembaga menerima penghargaan karena memiliki serapan belanja berkualitas dan terbaik sepanjang 2022. Tercatat sebanyak lima kementerian/lembaga pagu besar yang mendapat penghargaan yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung, dan Mahkamah Agung. 

Kemudian, lima kementerian/lembaga pagu kecil yang mendapat penghargaan yaitu Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Sekretariat Kabinet, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. 

Sementara itu, Kepala LAN, Adi Suryanto menyampaikan, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas belanja secara konsisten. Dia pun berharap perolehan prestasi ini akan terus memacu semangat kinerja pegawai LAN. 

Menurutnya LAN telah memenuhi penilaian dari evaluasi kinerja anggaran dan nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran, dengan fokus penilaian pada penguatan sumber daya manusia, akselerasi pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, revitalisasi industri dan pembangunan ekonomi hijau.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada seluruh pengelola anggaran, pimpinan satuan kerja, dan juga seluruh pegawai LAN atas raihan kinerja dan prestasi yang hari ini diterima. Semoga capaian ini tidak membuat kita berpuas diri dan senantiasa terus berusaha menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement